Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Saturday, December 9, 2023

Ke Agam, Capres Prabowo Beri Santunan Kepada Korban Erupsi Gunung Marapi Sumbar

Calon Presiden (Capres) juga Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengunjungi posko tanggap bencana erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (9/12/2023).

Agam(SUMBAR).BM- Gunung Marapi yang berada di wilayah administrasi Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, meletus pada hari Minggu (3/12) sekitar pukul 14.54 WIB. Erupsinya gunungapi ini disertai dengan muntahan kolom abu berisi material vulkanik hingga 3.000 meter dari puncak kawah disertai suara gemuruh. Menurut data perekaman seismogram Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Marapi terekam dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 4 menit 41 detik. 

Terkait dengan bencana alam ini menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengunjungi posko tanggap bencana erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (9/12/2023).

Prabowo Subianto mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sabtu (9/12/2023) sekitar pukul 08.30 WIB. Usai mendarat di BIM, Prabowo meneruskan perjalanan dengan helikopter menuju Gunung Marapi.

Sesampainya di posko, Prabowo langsung meninjau tenda pengungsi untuk bertemu, serta berkomunikasi secara langsung dengan warga yang menjadi korban terdampak erupsi Gunung Marapi. Menhan dalam kesempatan ini menyampaikan berbelasungkawa kepada para keluarga korban, serta memberikan santunan kepada ahli waris korban erupsi Gunung Marapi.

Selanjutnya, Menhan Prabowo melihat kondisi dapur umum dan Posko Pelayanan Kesehatan. Menhan ingin memastikan bahwa warga yang mengungsi tertangani dengan baik, dan terpenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan konsumsi, ketersediaan air bersih, fasilitas kesehatan, seperti obat-obatan dan tenaga kesehatan. Selain itu, keamanan relokasi pengungsian khususnya untuk anak-anak dan orang tua yang lanjut usia. 


Dalam kesempatan tersebut, Menhan Prabowo menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak baik instansi, Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan Relawan, atas kerja sama yang erat dan kerja keras dalam membantu mengatasi bencana ini.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih atas nama pemerintah kepada semua petugas, semua pihak yang telah bekerja keras membantu menyelamatkan para korban, membawa jenazah dan yang masih terluka,” kata Menhan yang juga calon presiden (Capres) 2024 - 2029, nomor urut 2.

“Dengan kerja keras saudara-saudara dan rasa tanggung jawab semua pihak kita bisa mengatasi semua kesulitan,” sambungnya.


Dikesempatan itu, Menhan Prabowo juga menyerahkan bantuan 35 unit sepeda motor untuk prajurit TNI dan Polri.

Selama kunjungan ini, Menhan didamping Danrem 032/WBR, Wakapolda Sumbar, Kepala Basarnas Padang, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Kapolresta Bukittinggi, Kapolres Agam, Dandim 0304/Agam, Dandim 0307/TD, Kapolres Padang Panjang, Wali Nagari Batu Palano, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Kepala Kantor Search and Rescue (SAR) Kota Padang, Walikota Bukittinggi, Bupati Tanah Datar, Bupati Agam, Danyon 131/BRS. 


Baca Juga

#Gan 

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 18 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS