Inilah 5 Pahlawan Dalam Mitologi Yunani Yang Paling Terkenal - Benang Merah News

Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Thursday, October 19, 2017

Inilah 5 Pahlawan Dalam Mitologi Yunani Yang Paling Terkenal


Di dalam semua mitologi di seluruh dunia selalu terdapat figur-figur yang selalu menjadi pahlawan yang melakukan tindakan berani dan maskulin. Para pahlawan ini sangat terkenal hingga menjadi sosok yang menginspirasi generasi di masa depan. Salah satu mitologi yang paling banyak mencetak cerita kepahlawanan adalah mitologi yunani kuno. Para pahlawan dari mitologi yunani selalu digambarkan sebagai sosok maskulin yang memiliki kualitas dan ketenaran yang didambakan oleh orang-orang di masanya. Umumnya cerita kepahlawanan yunani selalu berkisah tentang seorang laki-laki yang melakukan perjalanan demi tujuan tertentu, kemudian berhadapan dengan monster dan mendapatkan ketenaran dan tahta.

Berikut adalah 5 pahlawan dalam legenda yunani kuno yang paling terkenal:

5. Theseus
Theseus adalah seorang raja dan pahlawan paling hebat di Athena, ia adalah pemimpin yunani pertama yang melakukan reformasi pemerintahan ke arah demokrasi. Keunggulan Theseus dari pahlawan yunani lainnya adalah selain memiliki kekuatan dan keberanian, Theseus juga sangat cerdik dan bijaksana. Kecerdikannya itulah yang membuatnya selalu berhasil dalam petualangannya. Sebelum menjadi raja, Theseus pernah menyelesaikan perselisihan politik di Athena dan memimpin prajurit Athena memenangkan berabgai pertempuran. Theseus paling terkenal akan kisah petualangannya memasuki labirin di Kerajaan Kreta dan membunuh monster manusia berkepala banteng, Minotaur.

4. Perseus
Perseus terlahir dua generasi sebelum pahlawan Yunani lain seperti Heracles dan Theseus. Ayahnya adalah Zeus, hal ini membuatnya menjadi manusia setengah dewa. Demi menjauhkan ibunya dari gangguan raja yang mesum, Perseus sesumbar akan membawakan kepala medusa, monster berambut ular, ke hadapan sang raja. Tugas yang mustahil bagi manusia ini berhasil di lakukannya berkat persenjataan yang dikirimkan para dewa. Dalam perjalanan pulang, Perseus melihat Andromeda akan di makan oleh monster laut, Ceto, dan menyelamatkan sang putri dengan membuat Ceto berubah menjadi batu menggunakan tatapan mata dari kepala medusa yang baru saja dipenggalnya.

3. Jason
Jason berbeda dari pahlawan-pahlawan yang lain, karena kedua orang tuanya hanyalah manusia biasa, dan ia tumbuh besar di jalanan. Setelah dewasa raja Pelias memberinya sebuah kapal bernama Argo dalam misi mencari bulu domba emas. Awak kapalnya di panggil Argonauts, dan berisikan pahlawan-pahlawan yang merupakan manusia setengah dewa seperti Heracles, Castor dan Euphemus. Sebenarnya Jason sendiri menawarkan Heracles sebagai pemimpin, namun jiwa kepemimpinan Jasonlah yang disukai oleh awak kapal. Dalam pelayarannya, Jason dan Argonauts bertemu dengan Harpie, raksasa tembaga Talos, dan Naga Colchis.

2. Achilles

Pahlawan paling terkenal dalam perang Troy. Ayahnya pernah berlayar di kapal Argo, dan ibunya adalah dewi laut, Thetys. Sewaktu kecil ibunya pernah memandikannya di sungai Styx, sungai yang berada di dunia kematian, karena itulah tubuh Achilles sulit ditembus senjata. Kelemahannya hanya di bagian tumit, yaitu bagian yang dipegang oleh ibunya saat ia merendam Achilles di sungai Styx. Saat berperang Achilles memimpin pasukan Myrmidons, sekelompok manusia semut, sehingga dapat memanjat dinding kota Troy yang tak pernah tertembus. Selain itu, Achilles juga mengenakan baju zirah yang ditempa oleh Dewa penempa, Hephaestus.

Odysseus

Odysseus adalah salah satu pahlawan dalam perang troy. Ia adalah ahli strategi dan bertempur bersama Achilles di pihak Yunani. Karena perang troy adalah perang yang tidak seharusnya terjadi dan banyak melecehkan dewa-dewa, para dewa menghukum prajurit Yunani yang hendak pulang sehabis perang usai, tidak terkecuali Odysseus. Akibatnya ia tersesat dan harus melalui perjalanan panjang penuh marabahaya seperti melalui batu karang Scylla dan Charibdys hingga masuk sarang monster Cyclope. Odysseus  adalah salah satu prajurit Yunani yang berhasil pulang ke rumah dengan selamat.

Dan diperingkat pertama sebagai pahlawan mitologi Yunani yang paling terkenal adalah:
1. Heracles
Dikenal dengan nama Hercules dalam versi Romawi. Arti namanya adalah keagungan Hera, tetapi Hera membenci Heracles karena ia adalah anak hasil perselingkuhan Zeus dengan seorang manusia. Heracles adalah anak kebanggaan Zeus dan memiliki semua keterampilan serta kekuatan fisik Zeus. Melalui kekuatannya, Hera membuat Heracles jadi gila dan membunuh istri dan anaknya. Akibatnya ia dihukum menjalani 12 tugas yang sebenarnya adalah misi bunuh diri, namun berkat keberanian dan kejantanannya ia berhasil melaksanakannya. Heracles pernah berlayar sebentar dengan Jason, dan berteman dekat dengan Theseus.

#Gan/ livius.org/ britanica.com

No comments:

Post a Comment

“Pengaturan Perjalanan Dalam Negeri Seiring Pelandaian Covid-19”
"BAHAYA MASIH MENGANCAM"



"BOFET HARAPAN PERI"



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS