Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, October 13, 2022

Saat NATO mengadakan lebih banyak pembicaraan nuklir, Rusia memperingatkan akan Perang Dunia III


Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren dan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin termasuk di antara pejabat tinggi pertahanan yang menghadiri pertemuan NATO di Brussels pada 13 Oktober 2022 [Yves Herman/Reuters]

Brussels(BELGIA).BM- Amerika Serikat telah menegaskan kembali komitmennya untuk mempertahankan “setiap inci” wilayah NATO saat diskusi tertutup oleh Kelompok Perencanaan Nuklir aliansi itu berlangsung di Brussel.

Ketika para anggota pada hari Kamis mendesak maju dengan rencana untuk mengadakan latihan nuklir, Rusia marah dan mengeluarkan peringatan jika Ukraina pernah bergabung dengan NATO.

“Kyiv sangat menyadari bahwa langkah seperti itu berarti jaminan eskalasi ke Perang Dunia III," kata wakil sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Alexander Venediktov, kepada kantor berita negara TASS. “Sifat bunuh diri dari langkah semacam itu dipahami oleh anggota NATO sendiri.”

Selama pembicaraan Kamis, menteri pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan, “Kami berkomitmen untuk mempertahankan setiap inci wilayah NATO – jika dan ketika itu terjadi.”

Dia juga mengumumkan senjata terbaru dan sistem pertahanan udara yang akan diberikan Washington kepada Ukraina untuk membantu upaya perangnya.

Fabrice Pothier, kepala perusahaan konsultan politik Rasmussen Global, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa anggota NATO berusaha menyeimbangkan dukungan mereka untuk Ukraina tanpa memperburuk situasi yang sudah rapuh.

“[Apa yang mereka] coba perbaiki adalah menanggapi dan mendorong kembali eskalasi [Presiden Rusia Vladimir] Putin, baik itu politik atau militer, pada saat yang sama tidak memicu rantai peristiwa yang dapat menyebabkan eskalasi yang lebih buruk lagi,” katanya. dikatakan. “Ini tentang menjadi cerdas tentang jenis respons yang dapat membantu menyudutkan Putin ke dalam kegagalan dan kekalahannya sendiri tanpa memicu respons terburuk.”

Jadwal Kamis di markas NATO mencakup diskusi tentang bagaimana memberikan sinyal yang jelas kepada industri untuk meningkatkan produksi senjata baik untuk kebutuhan internal dan pertahanan Ukraina.

Pertemuan itu diadakan saat ketakutan global akan perang nuklir membara setelah ancaman terselubung Putin tentang serangan nuklir dan ketika bom Rusia semakin menggempur Ukraina.

Pada hari Rabu, seorang pejabat senior NATO yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Reuters bahwa serangan nuklir "hampir pasti akan menarik tanggapan fisik dari banyak sekutu dan berpotensi dari NATO sendiri". Pejabat itu tidak menjelaskan lebih lanjut.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan latihan kesiapsiagaan nuklir NATO, yang direncanakan minggu depan, "adalah tentang kesiapan."

"Pertemuan NATO adalah tentang memastikan kita siap untuk apa pun," katanya. “Maksud saya, itulah tugas aliansi ini – untuk memastikan bahwa 30 mitra bersama-sama siap untuk apa yang dilemparkan kepada kita. Dan kami harus terus bekerja untuk itu.”

Selama latihan tahunan yang disebut Steadfast Noon, angkatan udara NATO akan berlatih bagaimana menggunakan bom nuklir AS yang berbasis di Eropa dengan melakukan penerbangan pelatihan tanpa senjata hidup.

Membatalkan latihan karena perang di Ukraina akan mengirimkan "sinyal yang sangat salah", kata kepala NATO Jens Stoltenberg pada hari Selasa.

SUMBER : AL JAZEERA 

Baca Juga

#Gan | AL JAZEERA

No comments:

Post a Comment

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"



"BOFET HARAPAN PERI"



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS