Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, March 7, 2024

Delegasi Indonesia Jajaki Kerja Sama dengan Puluhan Perusahaan Spanyol


Madrid(SPANYOL).BM- Delegasi Indonesia, dipimpin oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) bekerja sama dengan KBRI Madrid, telah berhasil meraih kemajuan signifikan dalam memperkuat kerja sama bilateral dengan Spanyol. Misi bisnis ini mencakup berbagai agenda strategis yang bertujuan untuk meningkatkan perdagangan, investasi, dan pariwisata antara kedua negara (29/2 - 2/3).

Salah satu puncak kegiatan adalah Forum Bisnis di Aula KBRI Madrid, dihadiri oleh 21 perusahaan Spanyol dari berbagai sektor, seperti energi, pakan ternak, perikanan, pertanian, kimia, perhotelan, ekspor-impor, properti, konstruksi, dan teknologi. Forum ini juga dihadiri oleh KADIN Spanyol, asosiasi bisnis Spanyol-ASEAN, dan perwakilan dari kedutaan besar negara-negara ASEAN di Madrid. Inisiatif ini bertujuan untuk membangun jejaring bisnis yang kuat dan saling menguntungkan.

Pertemuan antara KADIN dan Cámara de Comercio de España juga menghasilkan perkembangan positif, membahas nota kesepahaman kerja sama antara kedua belah pihak. Rencana pembentukan Indonesia-Spain Business Council juga menjadi titik fokus, yang jika terealisasi, akan menjadi yang pertama di Asia Tenggara.


Ajang pertemuan dengan ASEMPEA (Asosiasi Pengusaha Spanyol-ASEAN) membuka jalan untuk penjajakan potensi kerja sama lebih lanjut, termasuk partisipasi dalam Indonesia – Europe Business Forum (IEBF) ke-3 di Jakarta pada Oktober 2024. Ini memberikan peluang bagi pengusaha Spanyol untuk terlibat dalam dialog ekonomi yang lebih luas.

Selain membahas potensi kerja sama bisnis, delegasi KADIN memanfaatkan kesempatan ini untuk mendistribusikan buku biografi Presiden Joko Widodo dalam Bahasa Spanyol, yang bertajuk "Jokowi Hace Realidad El Sueño de Indonesia" (Jokowi Mewujudkan Impian Indonesia). Buku ini baru saja diluncurkan di Barcelona, menggambarkan komitmen Indonesia untuk memperkuat hubungan dengan Spanyol.


KADIN tidak hanya berfokus pada sektor bisnis, melainkan juga menjajaki potensi kerja sama di bidang pendidikan. Lawatan ke kampus Sekolah Bisnis Instituto Empresarial (IE) University di Madrid memunculkan peluang kerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dengan harapan meningkatkan jumlah mahasiswa Indonesia di universitas tersebut.

Misi bisnis ditutup dengan kunjungan ke Montecastro, vineyard terkemuka di wilayah Aranda del Duero, Provinsi Valladolid. Melalui kunjungan ini, KADIN berharap dapat memperkenalkan kualitas anggur Spanyol kepada Indonesia, membuka peluang investasi, dan meningkatkan perdagangan di sektor anggur.

KBRI Madrid menyambut baik inisiatif Komite Bilateral Spanyol-Portugal KADIN Indonesia, melihatnya sebagai terobosan signifikan dalam kerja sama bilateral khususnya di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata. Misi bisnis ini tidak hanya memperkuat hubungan antarbisnis, tetapi juga meningkatkan citra Indonesia di mata dunia internasional.

Baca Juga

#Gan | KBRI Madrid

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Minggu 21 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS