Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, December 21, 2023

Pemelajar Bahasa Indonesia Rayakan Wisuda BIPA di Bern


Bern(SWISS).BM- Rayakan kelulusan kelas bahasa Indonesia, puluhan pemelajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Swiss berkumpul di Wisma Duta Besar RI Bern (16/12). Selain menerima sertifikat kelulusan dari kelas BIPA, acara wisuda BIPA di KBRI Bern merupakan ajang bagi para pemelajar BIPA untuk menampilkan kemahiran mereka berbahasa Indonesia dengan berpantun, bercerita, berdongeng, hingga bernyanyi dalam bahasa Indonesia.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI Bern menyatakan kebanggaannya terhadap para pemelajar BIPA KBRI Bern. Sejak dimulai tiga tahun yang lalu, sebanyak 250 masyarakat Swiss telah berpartisipasi pada program BIPA KBRI Bern. “Tingginya peserta kelas BIPA menandakan antusiasme dan minat yang tinggi dari para masyarakat Swiss dan masyarakat dunia untuk mempelajari bahasa dan budaya Indonesia", tutur Duta Besar Ngurah Swajaya. “Anda, para pemelajar BIPA merupakan diplomat Indonesia dalam mempromosikan citra positif Indonesia di Swiss", puji Dubes Ngurah.

Sementara itu, Iwa Lukmana, Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Kemdikbudristek RI mengucapkan selamat kepada para pemelajar yang telah menyelesaikan kelas Bahasa Indonesia semester kali ini. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbudristek mengharapkan dengan ditetapkannya Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi UNESCO pada tanggal 20 November 2023, minat masyarakat di negara dunia untuk belajar Bahasa Indonesia juga dapat semakin meningkat.


Dalam acara ini, terdapat beberapa penampilan yang ditunjukkan oleh pemelajar BIPA seperti Bernie dari kelas BIPA 1 yang membawakan lagu Akad dari Payung Teduh sambil mengenakan baju tradisional Swiss Tracht. Selain itu, terdapat penampilan dari Michel yang berpuisi serta Pius asal Cham yang ingin menjadi Duta Indonesia di Swiss di bidang kebudayaan dan ekonomi.

Sebagai penutup ajang penampilan murid kelas BIPA, Volker dari kelas BIPA 7 membawakan lagu Rayuan Pulau Kelapa yang dinyanyikan dengan penuh penghayatan. Setelah menyaksikan kepiawaian para pemelajar berbahasa Indonesia, Duta Besar RI menyerahkan sertifikat kelulusan kepada para peserta yang hadir. Acara siang hari itu ditutup dengan ramah tamah dan makan siang bersama. Para peserta mengapresiasi pelaksanaan kelas BIPA dan menyatakan keinginannya untuk kembali berpartisipasi pada program BIPA tahun depan.

Penyelenggaraan kelas BIPA telah menjadi program unggulan diplomasi budaya KBRI Bern sejak tahun 2020. Program ini tidak hanya sejalan dengan fokus Pemerintah RI untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia internasional, namun juga mempromosikan citra positif Indonesia diberbagai bidang, termasuk di bidang sosial ekonomi.

Kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di KBRI Bern telah berlangsung selama tiga tahun dengan dukungan penuh dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB), Kementerian Kemdikbudristek RI. Pada semester ini, yang dimulai sejak bulan September 2023, sebanyak 30 peserta dinyatakan lulus yang terbagi pada tingkatan BIPA 1, BIPA 2, BIPA 3, BIPA 4, BIPA 5, dan BIPA 7.​

Baca Juga

#Gan | KBRI Bern

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Selasa 16 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS