Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, August 1, 2023

Perundingan Putaran Kedua Indonesia-EAEU FTA Sukses Diselenggarakan di Moskow



Moskow(RUSIA).BM- Perundingan Putaran Kedua Indonesia-EAEU Free Trade Agreement (I-EAEU FTA) telah sukses diselenggarakan secara hybrid di Kota Moskow pada (24-26/07). Perundingan yang terdiri dari 11 isu runding tersebut ditargetkan untuk dapat diselesaikan pada tahun 2024, sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Menteri Perdagangan RI dan Menteri Perdagangan European Economic Commission (EEC) pada Desember 2022 lalu.

“Perundingan putaran kedua ini telah mencapai perkembangan-perkembangan yang progresif dan positif yang dapat mendukung pencapaian target penyelesaian perundingan pada 2024" ujar ketua negosiator RI, Johni Martha yang sekaligus merupa​kan Direktur Perundingan Bilateral Kementerian Perdagangan RI. Johni Martha juga tekankan bahwa percepatan penyelesaian perundingan I-EAEU FTA ini merupakan upaya peningkatan ekspor Indonesia ke pasar non-tradisional dan membuka akses pasar melalui perjanjian dagang.

Pihak EEC yang diwakili oleh Anton Tsetsinovskiy sebagai ketua negosiator dan Kepala Divisi untuk isu-isu khusus Regulasi Perdagangan, Departmen Kebijakan Perdagangan EEC, menyambut baik kehadiran Delegasi Indonesia dan berharap perundingan dapat segera diselesaikan. “Indonesia merupakan negara mitra dagang strategis EAEU dimana perdagangan kedua pihak terus mencatat pertumbuhan yang signifikan. Untuk itu, dengan adanya FTA ini, diharapkan angka tersebut bisa mencapai potensi optimal", tegas Anton Tsetsinovskiy.


Kedua pihak sepakat bahwa perundingan kali ini berjalan dengan sangat kondusif dan telah membawa banyak kemajuan-kemajuan dalam sebagian besar chapter dalam perjanjian dagang I-EAEU. Sebelumnya, perundingan putaran pertama I-EAEU telah digelar di Jakarta pada 3-5 April 2023 yang berfokus pada pertukaran pandangan terkait kebijakan nasional dan mendalami posisi masing-masing negara atas isu runding secara umum.

EAEU merupakan blok ekonomi yang terdiri dari 5 negara, yaitu Rusia, Kirgizstan, Kazakstan, Armenia dan Belarus. Berdasarkan data BPS, pada 2022 total perdagangan Indonesia-EAEU mencapai USD 4,35 miliar atau tumbuh 30,66% (yoy). Ekspor Indonesia tercatat diangka USD 1,5 miliar sedangkan impor USD 2,85 miliar.

Komoditas ekspor andalan Indonesia ke EAEU pada 2022 adalah minyak sawit, kopra, perangkat televisi, bagian mesin, karet alam, dan kopi. Sedangkan untuk komoditas impor utama Indonesia dari EAEU antara lain adalah pupuk, produk setengah jadi besi baja bukan paduan, batu bara, dan paduan fero.

Indonesia akan menjadi tuan rumah pada perundingan putaran ketiga I-EAEU FTA pada akhir November 2023 dan akan melanjutkan pembahasan isu-isu yang masih pending di putaran kedua ini.


Baca Juga

​#Gan | KBRI Moskow

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 09 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS