Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, June 1, 2023

KBRI Manila Tingkatkan Strategi Komunikasi Diplomasi


​Manila(FILIPINA).BM- Duta Besar RI Manila, Agus Widjojo menekankan pentingnya kemampuan komunikasi publik perwakilan RI di ruang digital. Karena itu, seluruh fungsi dan atase teknis merupakan pemilik substansi informasi.

Memang, Fungsi Sosial Budaya menjadi corong KBRI menyampaikan informasi keluar. "Tapi seluruh unsur KBRI memiliki tanggung jawab yang sama besar”, kata Agus Widjojo saat membuka workshop di KBRI Manila, Senin, 29 Mei 2023. Workshop dengan judul “Meningkatkan Strategi Komunikasi Publik KBRI Manila” berlangsung selama dua hari di Ruang Nusantara, KBRI Manila.

Di era yang ia sebut komunikasi publik digital,  fenomena meningkatnya jumlah pengguna internet dan media sosial, telah memberikan dampak positif.  Dampak itu berupa keterbukaan akses bagi siapapun. Untuk itulah ia menekankan seluruh staf KBRI mengutamakan sikap sadar security dalam berkomunikasi.

Workshop diikuti seluruh home staff, local staff dan perwakilan DWP KBRI Manila. Workshop menghadirkan konsultan komunikasi dan wartawan berpengalaman sebagai narasumber, yakni Nugroho Dewanto dan Bernada Rurit. Pada hari pertama, kedua narasumber menjelaskan pentingnya membangun strategi komunikasi bagi KBRI Manila sebagai aktor dalam diplomasi Indonesia di Filipina. Strategi tersebut ditujukan untuk merawat hubungan KBRI Manila dengan stakeholder lainnya. Caranya, mengupayakan produksi informasi dengan narasi yang mudah dipahami masyarakat.

“KBRI Manila dapat menjalankan peran sebagai clearing house of information," kata  Nugroho Dewanto. Dengan peran tersebut, KBRI mampu mewadahi produksi informasi kepada masyarakat dan stakeholder lainnya dengan mengutamakan integritas. Selain itu, mampu memanfaatkan fungsi-fungsi yang ada untuk mengetahui duduk persoalan yang sedang terjadi.

Untuk menjalankan fungsi itu,  KBRI Manila dapat menginformasikan berita soft news. Tujuannya, menarik perhatian pembaca melalui konten media sosial milik KBRI Manila.

Workshop hari kedua difokuskan pada praktik dan latihan pembuatan Press Release yang Press Klaar dan tips pembuatan Podcast. Menurut Bernada Rurit, KBRI Manila harus mampu merilis media yang memenuhi klasifikasi media massa, serta membangun relasi dengan media massa. Tujuannya, informasi yang ingin diketahui publik dari KBRI Manila tersampaikan melalui relasi ini.

Saat ini, KBRI Manila tengah mengelola podcast sebagai salah satu strategi dalam komunikasi publik digital. Kehadiran program podcast KBRI Manila ditujukan untuk menyapa masyarakat secara digital dengan konten beragam informasi seputar hubungan Indonesia – Filipina.

Dengan Workshop ini, KBRI Manila berharap dapat selangkah lebih maju beraktivitas  memproduksi informasi di tengah kemajuan teknologi komunikasi publik digital.


Baca Juga

#Gan | KBRI Manila

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Selasa 23 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS