Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, May 11, 2023

Gandeng Asosiasi Agen Travel di Indonesia, Perwakilan RI di Turki Sosialisasikan Keamanan Perjalanan ke Turki


Ankara(TURKI).BM- Menggandeng Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) dan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), KBRI Ankara bersama KJRI Istanbul menggelar sosialisasi keamanan perjalanan ke Turki (9/5). Dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya kunjungan wisatawan Indonesia ke Turki seiring dengan jargon "Cappadocia is my dream", sosialisasi online ini dihadiri oleh lebih dari 200 an perwakilan ASITA dan AMPHURI baik melalui zoom maupun live streaming Youtube, @IndonesiainAnkara.

"Permasalahan perjalanan ke luar negeri bukan hal baru bagi pemerintah Indonesia. Pada tahun 2018, pemerintah telah memikirkan isu keamanan perjalanan warganya yang ke luar negeri melalui aplikasi Safe Travel Indonesia yang telah diluncurkan tahun 2018 lalu. Untuk meminimalisir permasalahan yang akhir-akhir ini meningkat, kami ingin berkoordinasi dengan teman-teman agen travel di Indonesia guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan perjalanan ke Turki" imbuh Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal yang memberikan sambutan pada kegiatan webinar. 

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua Bidang Pariwisata DPP AMPHURI, Masrura dan Ketua Indonesia Tour Leader Association, Reggy A. Kartawidjaja. Pada sesi tanya jawab, keduanya menyambut baik usulan pembentukan working group yang terdiri dari stakeholders terkait perjalanan termasuk maskapai penerbangan, untuk menghasilkan prosedur standar operasional perjalanan ke Turki. 

Terdapat sekitar 7 ribu orang Indonesia yang bermukim di Turki saat ini. Angka ini jauh lebih kecil dari jumlah orang yang berkunjung ke Turki sejak Januari hingga Maret 2023 yakni sebesar 150 an ribu orang. Kunjungan ke Turki umumnya untuk wisata dan transit.

Berdasarkan catatan KBRI Ankara dan KJRI Istanbul, permasalahan wisatawan Indonesia di Turki umumnya sakit, kecelakaan, kehilangan paspor, penelantaran oleh agen perjalanan, gangguan perjalanan lanjutan, gagal masuk Turki, overstay dan meninggal. KBRI Ankara dan KJRI Istanbul melakukan upaya penanganan kasus, fasilitasi penerbitan paspor, koordinasi dengan mitra dan sosialisasi keamanan perjalanan. 


Baca Juga

#Gan | KBRI Ankara

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 09 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS