Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, May 11, 2023

BPSDM Kemendagri Gelar Diklat Probity Audit untuk Tingkatkan Akuntabilitas Keuangan Negara


JAKARTA.BM- Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Probity Audit Tahun 2023, yang dibuka pada Senin (8/5/2023). Kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan aparatur dalam meningkatkan kualitas akuntabilitas keuangan negara melalui pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono menyampaikan, banyak kasus korupsi yang melibatkan kepala daerah maupun pejabat di pemerintahan, baik pusat maupun daerah merupakan kasus yang berkaitan dengan pengadaan barang/jasa. Karena itu, Diklat Probity Audit menjadi penting dilakukan mulai dari tahap perencanaan, yaitu pada saat identifikasi kebutuhan dalam penyusunan Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang merupakan bagian dari penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) SKPD.

Sugeng mengatakan, probity audit merupakan assurance yang diberikan oleh Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) untuk melakukan pengawasan independen terhadap suatu proses pengadaan barang/jasa. Selain itu, probity audit juga untuk memberikan pendapat atau simpulan yang objektif mengenai proses pengadaan barang/jasa apakah telah sesuai dengan persyaratan kejujuran (probity requirement) serta mematuhi prosedur pengadaan barang/jasa sesuai ketentuan yang berlaku, serta mematuhi prinsip-prinsip dan etika pengadaan barang/jasa. Probity audit juga merupakan mekanisme peringatan dini bagi manajemen pengadaan barang/jasa atas kemungkinan terjadinya penyimpangan dan/atau kecurangan.

Diklat Probity Audit ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para aparatur dalam melakukan pengelolaan keuangan negara yang lebih akuntabel dan terpercaya. Dengan begitu, dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan penggunaan anggaran yang efektif dan efisien untuk kemajuan negara.

Baca Juga

#Gan | Rel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS