Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Wednesday, March 22, 2023

Presiden Maladewa Sambut Industri Galangan Kapal Indonesia ke Maladewa


Kolombo(MALADEWA).BM- Presiden Maladewa, Y.M. Ibrahim Mohamed Solih menyambut baik kehadiran industri galangan kapal Indonesia ke Maladewa. Hal tersebut disampaikan dalam kunjungan Presiden Maladewa ke booth Indonesia dalam Maldives Marine Expo (MME) 2023 yang diselenggarakan di Hulhumale, Maladewa pada 15 – 18 Maret 2023. 

Dalam kesempatan tersebut, Dubes RI Kolombo, Dewi Gustina Tobing menyampaikan potensi kerja sama industri galangan kapal dan industri pendukungnya antara Indonesia dan Maladewa yang secara gencar telah dilakukan oleh KBRI Kolombo dalam beberapa tahun terakhir.  Dubes Dewi juga mempromosikan kemampuan Indonesia untuk memproduksi sejumlah kapal perang antara lain KRI R.E. Martadinata, KRI I Gusti Ngurah Rai, KRI Golok, termasuk KRI Alugoro yang merupakan kapal selam buatan Indonesia. 

Selain menyambut kehadiran dan partisipasi KBRI Kolombo dalam pameran tersebut, Presiden Mohamed Solih juga berharap kerja sama kedua negara dapat terus meningkat di berbagai bidang. 

Pameran tahunan yang telah memasuki tahun ke-8 ini merupakan salah satu pameran terbesar di Maladewa dan menarik pengunjung tidak hanya pelaku bisnis di Maladewa namun juga pelaku bisnis di India, Sri Lanka, Uni Emirat Arab, Inggris, Jepang, Korea dan lain sebagainya. 

Sebanyak 100 perusahaan mengisi 170 stall yang tersedia, termasuk KBRI Kolombo yang menampilkan industri galangan kapal Indonesia serta industri komponen pendukungnya. 

Maladewa merupakan salah satu negara dengan potensi kerja sama industri galangan kapal yang cukup menjanjikan. Sebagai negara kepulauan yang bergantung pada sektor perikanan dan pariwisata, hampir seluruh rumah tangga di Maladewa memiliki setidaknya 1 (satu) kapal runabout yang menjadi sarana transportasi utama dan juga sebagai alat utama mata pencaharian masyarakat Maladewa. 

Meskipun kehadiran Indonesia dalam pameran MME 2023 ini merupakan kali pertama, namun pengunjung memberikan mendapatkan sambutan positif dengan masuknya berbagai permintaan atas produk-produk Indonesia. Dari kegiatan eksibisi tersebut KBRI Kolombo menerima beberapa permintaan inquiries produk-produk Indonesia baik berupa barges, tug boats, wooden dan fiber passenger boats, luxury boats dan yacht,  serta komponen pendukung pembuatan kapal seperti resin dan lain sebagainya, tidak hanya dari pengusaha Maladewa tapi juga Inggris, India dan Sri Lanka. 

Beberapa perusahaan juga tertarik untuk melakukan penjajakan lebih lanjut untuk melakukan pembukaan kantor perwakilannya di Indonesia sebelum melakukan kerja sama investasi lebih lanjut dengan perusahaan Indonesia. 

Baca Juga

#Gan | KBRI Kolombo

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 28 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS