Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"


Saturday, February 18, 2023

Peran Integral Media 'Kunci Sukses' Persahabatan 50 Tahun Indonesia-Korea dan Kepemimpinan Indonesia pada ASEAN


Seoul(KORSEL).BM– Dituanrumahi Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea, Gandi Sulistiyanto, Kedutaan Besar RI di Seoul menyelenggarakan Briefing Media Tahunan yang pertama pada tanggal 17 Februari 2023 di Wisma Duta Seoul. Briefing dihadiri oleh Duta Besar dan wakil negara anggota ASEAN di Seoul. Pimpinan dan jurnalis dari media lokal dan asing yang kredibel di Korea Selatan turut hadir secara luring.

Dalam sambutannya, Dubes Sulis menggarisbawahi bahwa Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korsel tidak hanya terfokus pada kerjasama antar Pemerintah (Government to Government/G2G) dan sektor privat (Business to Business/B2B) tetapi juga antar komunitas (People to People/P2P) untuk mengembangkan persahabatan yang erat dan saling pengertian.​

Briefing bertujuan untuk mendiseminasikan dua prioritas utama Kedutaan Besar RI di Seoul pada tahun 2023 yaitu Peringatan Hubungan Diplomatik 50 Tahun Indonesia-Korea Selatan dan Kepemimpinan Indonesia di ASEAN.

Guna menyemarakkan peringatan hubungan diplomatik kedua negara, KBRI Seoul telah merencanakan rangkaian kegiatan yang menarik sepanjang tahun ini. Diskusi panel dan dialog yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, forum bilateral mengenai ekonomi investasi perdagangan, serta kegiatan di bidang ekonomi kreatif dan digital serta budaya. Mempertimbangkan pentingnya peran generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa, Dubes RI mengundang generasi muda kedua negara untuk menguatkan kolaborasi di berbagai sektor, khususnya di bidang industri kreatif dan digital dengan menjadi creativepreneurs dan digipreneurs.

“Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement) resmi berlaku mulai 1 Januari 2023. Besar harapan kami agar perjanjian ini semakin membuka jalan untuk kerjasama bidang perekonomian yang lebih era tantara kedua negara", tandas Dubes RI di Seoul. IK CEPA ditujukan untuk meningkatkan volume perdagangan dan mengembangkan arus investasi dan industri Korea untuk berkerjasama melalui skema kolaborasi Win-Win.

Seiring dengan dimulainya keketuaan Indonesia di ASEAN, Duta Besar Gandi Sulistiyanto mulai bertugas sebagai Ketua Komite ASEAN di Seoul (ASEAN Committee in Seoul) sejak bulan Januari 2023. Tema sentral yang diusung presidensi Indonesia adalah “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth" meliputi tiga pilar utama yaitu ASEAN Matters, ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan, dan implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

Sesi tanya jawab kemudian berlangsung secara interaktif. Dalam hal ini, Dubes Sulis menegaskan bahwa media memainkan peran kunci untuk menyampaikan informasi yang positif dan objektif mengenai kemitraan antara kalangan pemerintah dan pihak swasta kedua negara, serta persahabatan antara seluruh komponen masyarakat Indonesia Korea. Hal ini sejalan dengan tema besar Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea yaitu Persahabatan Lebih Erat, Kemitraan Lebih Kuat “Closer Friendship Stronger Partnership". Briefing akan ditayangkan di media sosial KBRI Seoul.

Logo Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Korea merupakan hasil kontes desain logo untuk Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Korea yang diselenggarakan bersama oleh Kementerian Luar Negeri RI dan KBRI Seoul serta Kementerian Luar Negeri Korsel dan Kedubes Korsel di Jakarta. Pada acara Indonesia-Korea Morning Talk di Jakarta tanggal 26 Januari 2023, logo telah diumumkan oleh Direktur Jenderal Asia Pasifik Afrika Kemlu beserta Duta Besar RI di Seoul dan Dubes Korsel di Jakarta. Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi dan Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Mr Jin Park, menyampaikan pesan video pada acara tersebut. 

Baca Juga

#Gan | KBRI Seoul

No comments:

Post a Comment

Klik Informasi Yang Anda Butuhkan


"Prakiraan Cuaca Rabu 21 Februari 2024"


"BOFET HARAPAN PERI"


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS