Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Saturday, January 21, 2023

Kunjungan Duta Besar RI ke Chiang Mai Perkuat Kerja Sama Indonesia - Thailand


Bangkok(THAILAND).BM- Membuka tahun 2023, Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, Rachmat Budiman melakukan kunjungan kerja ke Chiang Mai pada tanggal 16-17 Januari 2023. Selain melakukan pertemuan dengan Gubernur Chiang Mai, Nirat Pongsitthaworn pada 17 Januari 2023, Duta Besar RI juga bertemu dengan Rektor Universitas Chiang Mai, Prof. Pongruk Sribanditmongkol pada 16 Januari 2023.

“Revitalisasi ini menjadi semakin penting untuk segera dilaksanakan dengan mempertimbangkan situasi Covid-19 yang jauh lebih membaik yang diikuti dengan kebijakan relaksasi pergerakan oleh masing-masing negara", demikian disampaikan Duta Besar RI. Untuk ini, Duta Besar RI mengharapkan adanya kunjungan Gubernur Chiang Mai ke Yogyakarta sebagai salah satu upaya revitalisasi MOU dimaksud.

Revitalisasi MOU Kerja Sama Sister Province antara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan Chiang Mai yang telah ditandatangani sejak tahun 2007 menjadi salah satu agenda utama dalam pertemuan antara Duta Besar RI dengan Gubernur Chiang Mai tersebut. Menurut Duta Besar RI terdapat peluang kerja sama yang dapat ditingkatkan oleh kedua provinsi dalam implementasi MOU dimaksud. Industri pertanian, perdagangan, pariwisata, pendidikan dan peningkatan ekspor merupakan sektor yang memiliki potensi kerja sama yang besar dengan mempertimbangkan modalitas yang dimiliki kedua pihak.

Duta Besar RI juga membahas isu lain di antaranya kerja sama pendidikan melalui MOU antara universitas di Indonesia dengan Universitas Chiang Mai dan Maejo. Jumlah mahasiswa Indonesia di Chiang Mai semakin bertambah seiring dengan meningkatnya pemberian program beasiswa kepada pelajar Indonesia. Mahasiswa Indonesia yang berada di Chiang Mai merupakan bagian dari 204 WNI yang tinggal di provinsi ini yang diharapkan dapat menjadi jembatan penghubung kerja sama Indonesia dan Thailand. Duta Besar RI juga mengharapkan agar Pemerintah Provinsi Chiang Mai dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat Indonesia di Chiang Mai dan membantu mereka sekiranya menghadapi kesulitan ataupun masalah di kemudian hari.

Gubernur Nirat Pongsitthaworn, dalam tanggapannya, menyampaikan kesiapan untuk memperkuat kerja sama Sister Province dan juga menyampaikan harapan untuk dapat berkunjung ke Yogyakarta. Gubernur Nirat juga menggarisbawahi pentingnya kerja sama pariwisata antara Indonesia-Thailand, khususnya dengan Chiang Mai. Dalam hal ini diharapkan adanya penerbangan langsung dari Indonesia ke Chiang Mai untuk meningkatkan arus kunjungan kedua pihak. Chiang Mai sendiri pada tahun 2024 akan melakukan perluasan bandara internasional yang diharapkan dapat lebih banyak menampung wisatawan asing. Menutup pertemuan, Gubernur Nirat memastikan akan senantiasa memberikan perhatian khusus kepada pelajar/mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Chiang Mai.

Sementara itu dalam pertemuan dengan Rektor Chiang Mai University dan jajarannya, Duta Besar RI antara lain menekankan pentingnya implementasi MOU yang telah ditandatangani antara CMU dengan universitas di Indonesia. Saat ini tercatat terdapat 4 MOU yang telahditandatangani dengan Universitas Jenderal Soedirman, ITENAS, Universitas Padjadjaran, dan UIN Sunan Kalijaga serta dua MOU antar Fakultas dengan ITB dan UPH. Sementara untuk jumlah mahasiswa Indonesia di CMU mencapai 28 orang dengan mayoritas merupakan penerima beasiswa dari universitas. Jumlah mahasiswa ini diharapkan dapat terus meningkat di masa mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar RI dan Rektor CMU juga membahas mengenai promosi budaya Indonesia di CMU yang dapat dilaksanakan dalam bentuk Indonesian Festival.  Selain itu CMU juga mengharapkan dukungan Indonesia sebagai role mode industry start up di kawasan dalam program start up incubator and mobilization yang dilaksanakan di tahun 2023.

Dalam kunjungan kerja tiga hari ke tiga provinsi tersebut, Duta Besar RI didampingi pula oleh Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya, Atase Pendidikan dan Kebudayaan serta Atase Perdagangan. Kunjungan kerja ke berbagai pemangku kepentingan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama antara Indonesia dan Thailand di berbagai bidang. ​


Baca Juga

#Gan | KBRI Bangkok

No comments:

Post a Comment



"Prakiraan Cuaca Senin 30 Januari 2023"

"Prakiraan Cuaca Dunia"



"BOFET HARAPAN PERI"



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS