Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, January 19, 2023

Apa Manfaat Ronaldo untuk Al Nassr bagi Arab Saudi?

Pertandingan pertama Ronaldo di Arab Saudi sejak transfer akan datang melawan saingan besarnya Messi, dalam pertandingan persahabatan antara PSG dan Riyadh All-Star XI pada hari Kamis [File: Ahmed Yosri / Reuters]


ARAB SAUDI.BM- Arab Saudi menjadi berita utama pada bulan November dengan mengalahkan Argentina di Piala Dunia 2022 – satu-satunya tim yang mengalahkan pemenang akhirnya di Qatar – tetapi masih ada waktu di tahun 2022 untuk kejutan yang lebih besar.

Pada hari terakhir tahun ini, klub Liga Profesional Saudi (SPL) Al Nassr mengumumkan di media sosial bahwa mereka telah menandatangani Cristiano Ronaldo dengan kontrak dua setengah tahun, dilaporkan bernilai lebih dari $200 juta setahun.

Ini adalah kesepakatan yang dapat memberikan dampak signifikan di dalam dan di luar lapangan bagi klub, negara, dan dunia sepak bola yang lebih luas.

Ada desas-desus selama berbulan-bulan minat Al Nassr pada superstar Portugal - yang telah memenangkan lima Ballon d'Ors, hadiah tahunan yang diberikan kepada pemain terbaik di dunia, dan jumlah yang sama dari Liga Champions UEFA - tetapi mereka sebagian besar dibubarkan.

Namun, kepindahan menjadi mungkin setelah Ronaldo menjadi agen bebas pada bulan Desember ketika dia meninggalkan Manchester United , yang dibuat marah oleh wawancara televisi eksplosif yang dia berikan mengkritik pelatih dan pemilik klub.

Meski begitu, hanya sedikit yang mengharapkan salah satu pemain terbaik dalam sejarah permainan untuk benar-benar bergabung  dengan klub Saudi.

Tetapi James Dorsey, seorang rekan senior di Institut Timur Tengah Universitas Nasional Singapura, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa sepak bola Saudi tidak boleh diremehkan.

“Arab Saudi adalah pembangkit tenaga sepak bola Timur Tengah dan telah berhasil lolos dari babak penyisihan grup di Piala Dunia sebelumnya,” kata Dorsey. “Mereka memiliki lebih banyak pemain asing yang bagus dan sekarang mereka memiliki Ronaldo.”

Debut SPL pemain berusia 37 tahun itu akan datang melawan Ettifaq pada hari Minggu, pertandingan ke-14 dari 30 pertandingan musim ini. Al Nassr, yang terakhir menang pada 2019, saat ini berada di puncak liga dengan skuad yang bertalenta.

Penyerang Brasil Anderson Talisca adalah pencetak gol terbanyak di SPL musim ini, sementara Pemain Terbaik Amerika Selatan Tahun 2018, Pity Martinez, menarik tali kreatif.

Di depan gawang adalah mantan pemain nomor satu Arsenal dan Napoli David Ospina, dan pemain internasional Kolombia itu memiliki bek sayap Pantai Gading Ghislain Konan dan mantan gelandang bertahan Bayern Munich Luiz Gustavo di depannya.

Kontingen domestik juga tidak buruk dengan enam anggota skuad Piala Dunia Arab Saudi di klub. Pelatih Rudi Garcia telah mengelola klub-klub besar Eropa Marseille, Roma dan Lyon dan juga membawa Lille kecil meraih gelar Prancis 2011.

Ini adalah lineup yang hanya bisa ditandingi oleh beberapa tempat lain di Asia, tetapi sekarang Al Nassr telah pindah ke level berikutnya dan penggemar mereka sangat senang.

“Sungguh luar biasa memiliki Cristiano dan sekarang teman-teman saya yang mendukung klub lain atau bahkan tidak tertarik dengan sepak bola meminta tiket kepada saya karena ini bukan hanya tentang Al Nassr tetapi seluruh sepak bola Arab Saudi,” penggemar Al Nassr Ahmed al- Issa memberi tahu Al Jazeera.

“Dengan dia, kami akan kembali menjadi juara dan menjadi tim terbaik di Asia. Semua orang bersemangat dan saya tidak sabar menunggu pertandingan pertama dan melihatnya bermain dengan seragam kuning dan mencetak gol.”

Ayman al-Hatami, penggemar Al Hilal – klub paling sukses di Asia – kurang bersemangat dengan prospek Ronaldo mencetak gol untuk tetangga Riyadh dan rival sengit, dan percaya Al Hilal masih jauh di depan dalam hal bakat dan mentalitas untuk dilampaui Al Nassr.

“Ronaldo pasti akan sukses sebagai pemain, tapi saya rasa dia tidak akan berhasil meraih kejuaraan besar,” katanya kepada Al Jazeera.

Saat ini Al Nassr memiliki sembilan gelar Arab Saudi tetapi belum memenangkan kompetisi kontinental Asia, dibandingkan dengan 18 dan empat gelar masing-masing untuk Al Hilal.

Di luar lapangan

Al Nassr, bagaimanapun, sekarang mungkin memiliki profil internasional yang lebih besar daripada Al Hilal, bahkan sebelum bintang baru mereka menendang bola. Dengan penggemar harus menunggu lebih dari tiga minggu antara penandatanganan dan debutnya, bukti pertama dari "efek Ronaldo" sangat banyak di luar lapangan.

Pada 29 Desember, Al Nassr memiliki sekitar 850.000 pengikut di Instagram. Setelah merekrut seorang pria dengan lebih dari 536 juta pengikut di platform media sosial, lebih dari siapa pun di planet ini, pengikut Al Nassr telah melonjak hingga hampir 12 juta pada saat penulisan – jauh dari 3,7 juta pengikut Al Hilal.

“Itu pertumbuhan yang sangat besar dan berbagai penyiar akan mencari untuk mengakuisisi semua game Al Nassr,” kata Sasi Kumar, mantan pemain internasional Singapura dan sekarang CEO perusahaan pemasaran olahraga D+1 Sports yang berbasis di Madrid, kepada Al Jazeera.

“Di luar Asia, saya rasa tidak ada yang pernah mendengar tentang Al Nassr, tetapi sekarang di Eropa dan Amerika Selatan, semua orang pernah mendengarnya.”


Kedatangan Ronaldo telah memicu desas-desus pemain nama besar lainnya datang ke negara Teluk, seperti Zlatan Ibrahimovic dari AC Milan [File: Fayez Nureldine / AFP]


Langkah itu juga bisa memicu kesibukan penandatanganan nama besar di SPL.

Sejak kedatangan Ronaldo, ada rumor dan laporan tentang pemain asing ternama lainnya yang datang ke negara tersebut, seperti Zlatan Ibrahimovic dari AC Milan dan N'Golo Kante dari Chelsea.

“Begitu Anda menarik nama-nama terbesar maka akan ada efek lanjutannya,” tambah Kumar. "Ini bukan hanya Al Hilal dan Al Nassr tapi klub lain dan akan ada pemain lain yang lebih terbuka terhadap gagasan itu."

Rumor terbesar sejauh ini adalah Lionel Messi dikaitkan dengan Al Hilal. Ironisnya, pertandingan pertama Ronaldo di Arab Saudi sejak transfer akan datang melawan rival besarnya.

Pemain Argentina itu akan bermain untuk Paris Saint-Germain dalam pertandingan eksibisi melawan tim gabungan Al Hilal dan Al Nassr pada Kamis di Riyadh. Beberapa minggu lalu, gagasan Messi bermain untuk klub Arab Saudi akan ditolak tetapi kehadiran Ronaldo membuat segalanya menjadi mungkin.

Hal yang sama juga bisa dikatakan untuk membantu Arab Saudi membawa kembali Piala Dunia ke wilayah tersebut setelah Qatar menjadi tuan rumah turnamen pada 2022. Arab Saudi berambisi untuk menjadi pemain penting di panggung olahraga.

“Penandatanganan ini merupakan indikasi bahwa Arab Saudi serius,” kata Dorsey. “[Putra Mahkota] Mohammed bin Salman ingin negara itu menjadi titik fokus kawasan.”

Dorsey menolak pentingnya pernyataan baru-baru ini dari Al Nassr yang menyangkal bahwa ada klausul dalam kontrak yang mengharuskan Ronaldo bekerja atas nama tawaran apa pun untuk turnamen 2030.

"Hanya karena tidak ada dalam kontrak, bukan berarti itu belum dibahas dan dengan asumsi bahwa dua setengah tahun berjalan dengan baik, saya akan berpikir bahwa dia akan menjadi [David] Beckham dari Arab Saudi," mengacu pada Qatar menggunakan Ikon Inggris sebagai duta Piala Dunia 2022.

'Pembangunan bangsa'

Mungkin Messi, dan yang lainnya, akan menonton untuk melihat bagaimana Ronaldo beradaptasi di luar lapangan. Bintang itu diharapkan tinggal bersama pacarnya Georgina Rodriguez. Menurut hukum Saudi, pasangan yang belum menikah tidak diperbolehkan untuk tinggal bersama tetapi ada laporan tentang pendekatan yang lebih lunak untuk orang asing.

Sepak bola tidak hanya dapat membantu melunakkan citra Arab Saudi di luar negeri di tengah kritik terhadap catatan hak asasi manusia negara tersebut , tetapi juga dapat membantu membawa perubahan sosial di dalam negeri. Ronaldo mengatakan dia bertujuan untuk mempromosikan pengembangan pemuda dan sepak bola wanita di Arab Saudi.

Dan sepak bola dianggap sebagai komponen kunci dari Visi Arab Saudi 2030, karena negara tersebut mencoba mendiversifikasi ekonominya dan mengurangi ketergantungannya pada minyak.

“Mereka memiliki agenda yang lebih tinggi. Ini terlihat seperti agenda pembangunan bangsa daripada pembangunan sepak bola,” kata Kumar. “Pemain berprofil tinggi seperti itu membawa perhatian dunia pada Anda dan Anda dapat menunjukkan bahwa Arab Saudi menjadi lebih progresif.

“Dengan cara ini, mereka tidak harus mengumumkannya secara terbuka tetapi bisa melakukannya dengan lembut. Jika Anda ingin menarik investasi, bakat, dan pariwisata maka tidak ada kendaraan yang lebih baik dari Ronaldo.”


Baca Juga

#Gan | Reuters

No comments:

Post a Comment



"Prakiraan Cuaca Sabtu 04 Februari 2023"

"Prakiraan Cuaca Dunia"



"BOFET HARAPAN PERI"



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS