Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, November 3, 2022

Kunjungan Kerja Wakil Presiden RI ke Abu Dhabi


Abu Dhabi(PEA).BM- Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin berkunjung ke Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab pada tanggal 1 – 2 November 2022 sebagai bagian awal dari rangkaian kunjungan untuk menghadiri KTT UN Forum for Climate Change Conference ke-27 (UNFCCC COP 27) di Mesir. Pada Kunjungan Kerja kali ini, Wakil Presiden RI bertemu Presiden PEA, H.H. Mohamed Bin Zayed Al Nahyan di Abu Dhabi dan membahas komitmen kerja sama kedua negara di berbagai bidang, salah satunya dalam menyebarkan nilai-nilai Islam moderat dan komitmen menjaga pemahaman Islam yang benar dan positif. Presiden PEA memuji kepemimpinan Presiden Jokowi dan meyakini bahwa Indonesia memiliki potensi besar menjadi negara maju. Presiden PEA juga menyampaikan dukungannya atas penyelenggaraan KTT G20 di Bali dan menyampaikan konfirmasi untuk hadir secara langsung.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin mengapresiasi dukungan Presiden PEA yang akan menghadiri KTT G20 di Bali dan kemudian berkunjung ke Solo untuk meresmikan serta melaksanakan sholat berjamaah di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Di bidang ekonomi, Wapres RI menyampaikan harapannya agar proses ratifikasi perjanjian Indonesia-UAE CEPA oleh kedua negara dapat dirampungkan dalam waktu dekat. 

Selain bertemu dengan Presiden PEA, di Abu Dhabi Wapres RI juga bertemu dengan Presiden Abu Dhabi Forum for Peace (ADFP), Sheikh Abdullah Bin Bayyah dan Sekjen ADFP, Al Mahfouzh Bin Bayyah. Dalam pertemuan tersebut, Wapres RI menyampaikan dukungannya atas penyelenggaraan Forum Perdamaian Abu Dhabi ke-9 dan mengajak untuk bersama-sama mengedepankan solusi damai di tengah situasi global yang penuh tantangan. Wapres RI juga menyambut baik kerja sama RI-PEA dalam memajukan nilai-nilai Islam yang moderat, diantaranya pengiriman imam-imam Indonesia ke PEA, pembangunan masjid di kedua negara, dan kerjasama di bidang Pendidikan Tinggi Islam. Sebaliknya, Presiden ADFP mengapresiasi keberhasilan Indonesia sebagai model kerukunan beragama dan toleransi. ADFP siap untuk terus bekerjasama menyebarkan nilai-nilai perdamaian, moderasi dalam Islam, toleransi dan keberagaman. ​

Pada kesempatan tersebut, Presiden ADFP menyerahkan penghargaan kepada Presiden RI, Joko Widodo sebagai penerima Anugrah Perdamaian “Imam Hasan bin Ali International Peace Prize Award" Tahun 2022, yang diwakili oleh Wapres RI. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi Presiden Jokowi terhadap upaya luar biasa Indonesia dalam menyebarkan perdamaian dan toleransi, baik di kawasan maupun dunia. 

“PEA dan Indonesia memiliki hubungan yang sangat dekat dan memiliki kesamaan pandangan dalam hal penyebaran nilai-nilai Islam yang damai, moderat dan positif. Kami akan mengawal kerja sama kedua negara agar semakin erat lagi", ujar Husin Bagis, Duta Besar RI untuk PEA.  

Wapres RI K.H. Ma'ruf Amin melanjutkan rangkaian Kunjungan Kerjanya dengan mengunjungi Dubai, Persatuan Emirat Arab pada tanggal 2 November 2022 petang, sebelum melanjutkan perjalanan ke Mesir pada tanggal 4 November 2022.   

​ ​

Baca Juga


#Gan | KBRI Abu Dhab

No comments:

Post a Comment

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"



"BOFET HARAPAN PERI"



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS