BPBD Kabupaten Klungkung Gelar Penanganan Darurat Banjir Bandang - Benang Merah News

Breaking

Facebook

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Tuesday, December 14, 2021

BPBD Kabupaten Klungkung Gelar Penanganan Darurat Banjir Bandang

Petugas dan warga membersihkan lumpur dan material sampah pascabanjir bandang di Kabupaten Klungkung, Senin (13/12). (Admin BNPB)

 
Klungkung(BALI).BM- Banjir bandang terjadi di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, pada Senin dini hari tadi (13/12), sekitar pukul 03.00 waktu setempat. Peristiwa ini berlangsung setelah hujan lebat mengguyur wilayah tersebut sehingga derasnya air menjebol tanggul di Desa Sakti dan Desa Lembongan.  

 Merespons insiden ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klungkung segera melakukan langkah-langkah penanggulangan bencana. BPBD bersama dengan organisasi perangkat daerah lainnya, TNI dan Polri melakukan pembukaan akses jalan yang tertutup material banjir bandang. Alat berat diturunkan untuk pembersihan sampah dan lumpur. Masyarakat setempat turut membantu petugas di lokasi terdampak.

Selain itu, BPBD melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait di kecamatan maupun desa. Sejauh ini, belum ada laporan korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Pihak BPBD masih terus melakukan pendataan dalam belum merilis data terdampak hingga saat ini.

Banjir bandang ini menerjang enam desa di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Keenam desa terdampak, yaitu Desa Sauna, Batununggul, Kutampi Kaler, Ped, Sakti dan Lembongan.

Paska kejadian, petugas BPBD masih bersiaga di lapangan untuk mengantisipasi potensi banjir di wilayah terdampak. Esok (14/12) hingga lusa (15/12), prakiraan cuaca di Kecamatan Nusa Penida berpeluang hujan ringan. Berdasarkan kajian bahaya inaRISK, kabupaten ini tidak memiliki potensi bahaya banjir bandang.

Dengan adanya peristiwa dini hari tadi, pemerintah dan masyarakat diimbau waspada dan siap siaga. Terlebih dalam menghadapi puncak musim hujan pada Januari 2021 hingga Februari tahun depan. (*)

Baca Juga

#Gan

No comments:

Post a Comment

“Sambutan Presiden Joko Widodo dalam Penyerahan DIPA&Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah&Dana Desa 2022, Senin (29/11/2021)”


“MENGAPA 10 NOVEMBER DIPERINGATI SEBAGAI HARI PAHLAWAN?”


"BAHAYA MASIH MENGANCAM"



"BOFET HARAPAN PERI"



SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS