Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Friday, November 12, 2021

Kemendagri Gelar Tes Urin Tegakkan P4GN dan PN di Lingkungan Kerja


JAKARTA.BM- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar tes urin tahap 2 kepada pejabat dan staf di lingkungan Kemendagri, Kamis (11/11/2021). Tes ini sebagai upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN dan PN) di lingkungan kerja.

Koordinator Lapangan Klinik Pratama Kantor Pusat Kemendagri Arief Fadillah menjelaskan, pegawai yang mengikuti tes dipilih secara acak dari seluruh komponen Kemendagri. Pengetesan ini merupakan bentuk kewaspadan dini terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan Kemendagri. “Kita ngeceknya ambil sampel, jadi memang enggak diatur harus si A, si B, si C,” ujarnya saat ditemui di sela pelaksanaan tes.

Arief mengatakan, pada 2021 pihaknya menargetkan jumlah sampel sebanyak 261 pegawai. Angka itu berdasarkan hasil hitungan 10 persen dari seluruh jumlah pegawai Kemendagri. Sebenarnya target tes urin setiap tahunnya hanya sebanyak 5 persen. Namun, lantaran pada 2020 tes urin tidak digelar akibat pandemi Covid-19, jumlah tes tahun ini menjadi dua kali lipat dari target semestinya. “Berarti tahun depan 5 persen lagi (targetnya) kegiatan ini akan rutin (dilaksanakan) setiap tahun,” terangnya.

Selain melakukan tes, lanjut Arief, Kemendagri telah melakukan penyuluhan terkait P4GN dan PN kepada para pegawai dengan melibatkan BNN. Data tes ini juga bakal menjadi penyusunan program kerja dalam mendukung P4GN dan PN. “Walaupun ternyata anggaplah mudah-mudahan hasilnya negatif, tetap kita harus kasih penyuluhan terus jangan sampai kecolongan,” ujarnya.

Sementara itu, Analis Peran Serta Masyarakat Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN Wanda Ferdiana menjelaskan, tes urin ini merupakan salah satu aksi yang diatur dalam Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN dan PN tahun 2020-2024. BNN, kata Wanda, siap mendukung dan membantu kementerian dan lembaga yang hendak menggelar aksi terkait P4GN dan PN baik berupa penyuluhan, seminar, dan sebagainya.(*)
 

Baca Juga

#Gan | Kemendagri

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Rabu 24 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS