Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, July 8, 2021

KBRI Tehran dorong Kerja Sama Alih Teknologi dan Pembangunan SDM di bidang Nanoteknologi


Tehran(IRAN).BM- Dalam upaya untuk mendorong dan mengembangkan kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, KBRI Tehran melakukan kunjungan ke Iran Nanotechnology Innovation Council (INIC) (28/06/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Iran, Ronny P. Yuliantoro bertemu dengan Sekretaris Jenderal INIC, Prof. Saeed Sarkar. Pertemuan membahas perkembangan dan tindak lanjut kerja sama RI – Iran di bidang nanoteknologi farmasi dan alat kesehatan serta kerja sama pengembangan sumber daya manusia di bidang nanoteknologi.

RI – Iran telah menandatangani kesepakatan Pengaturan Teknis antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan INIC tentang Pengembangan Nanoteknologi, Bioteknologi, dan Produk Sel Punca disela-sela kunjungan Menteri Kesehatan RI ke Tehran pada 15 September 2019. Pada Maret 2020, Kedua Pihak juga telah sepakat untuk memperluas kerja sama dalam mendorong investasi bersama di bidang kecerdasan buatan, alat kesehatan berteknologi tinggi serta fasilitas pelayanan kesehatan. Salah satu kerja sama konkret kedua negara yakni pengembangan Pusat Bedah Robotik di Indonesia, yang saat ini tengah dalam proses.

Sektor nanoteknologi Iran telah berkembang pesat selama 20 tahun terakhir. Berdasarkan jumlah publikasi ISI, Iran merupakan negara dengan publikasi terbanyak ke-4 di dunia dengan 12.190 publikasi ISI (International Scientific Indexing) pada tahun 2020.

“Kedepannya, kerja sama RI – Iran di bidang nanoteknologi perlu diarahkan pada bidang pembangunan sumber daya manusia, melalui kerja sama Joint Research, dan pertukaran staff pengajar dan peneliti, penyelenggaraan seminar dan workshop," ujar Dubes Ronny Yuliantoro.

Baca Juga


#Gan | KBRI Tehran

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Rabu 24 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS