KBRI Buka Kursus on-line Tari Indonesia di Maputo, Mozambique - Benang Merah News

Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19"
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Monday, February 1, 2021

KBRI Buka Kursus on-line Tari Indonesia di Maputo, Mozambique


Maputo(MOZAMBIQUE).BM- Kedutaan Besar Republik Indonesia di Maputo, Mozambique, telah membuka kursus Tari Indonesia secara daring melalui zoom setiap minggunya bagi masyarakat Mozambique yang tertarik dengan budaya Indonesia. Pembukaan kursus tari Indonesia secara daring tersebut merupakan bagian dari acara peluncuran Pusat Budaya Indonesia di KBRI Maputo dan Penutupan Kompetisi Logo 30 Tahun hubungan bilateral Indonesia-Mozambique yang diselenggarakan di wisma kediaman Duta Besar di Maputo, Mozambique pada hari Sabtu, tanggal 30 Januari 2021.

Kegiatan diadakan dengan protokol kesehatan ketat, sesuai ketentuan Pemerintah Mozambique, dihadiri Rektor ISArC/Instituto Superior de Artes e Cultura (Higher Institute of Arts and Culture), Dekan dan Dosen ISArC, para peserta pelatihan Tari Indonesia, pemenang Kompetisi Logo 30 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Mozambique, Ketua dan Anggota Dharma Wanita Persatuan dan staf KBRI Maputo.

Duta Besar Herry Sudradjat dalam sambutannya antara lain mengemukakan bahwa 30 Januari 2021 merupakan hari yang penting karena mengawali Peringatan 30 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia dan Mozambique. Sebagai Duta Besar yang baru tiba dan telah melaksanakan penyerahan Credential kepada Presiden Mozambique, merasa beruntung karena kegiatan KBRI Maputo mendapat dukungan tidak hanya dari Institut Seni dan Budaya di Mozambique, tetapi juga dari kalangan masyarakat di Mozambique.

Duta Besar sangat terkesan pada proses Kompetisi Pembuatan Logo 30 tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Mozambique, tidak menyangka bahwa hanya dalam kurun waktu 10 hari, KBRI di Maputo menerima sekitar 164 kiriman Logo dari seluruh wilayah di Mozambique. Panitia di KBRI kesulitan memilih pemenang karena Logo yang diterima semua bagus. Panitia memilih 11 Logo terbaik, dan juara 1, 2, 3 akan ditampilkan pada kegiatan KBRI Maputo sepanjang tahun 2021.

KBRI Maputo juga secara resmi meluncurkan Pusat Budaya Indonesia, dan sekaligus memulai kolaborasi dengan ISArC dalam mempromosikan seni dan kebudayaan antara Indonesia dan Mozambique. Pada awal Februari 2021, mahasiswi ISArC akan mempelajari Tari Indonesia di Pusat Budaya Indonesia KBRI Maputo, dengan pengajar tari dari Gema Cintra Nusantara melalui jaringan on-line dari Jakarta. Duta Besar mengucapkan terima kasih kepada ISArC dan para mahasiswi yang berpartisipasi pada kursus tari Indonesia.

Duta Besar menggarisbawahi bahwa kerja sama dan kolaborasi Seni dan Budaya antara Indonesia dan Mozambique sangat penting untuk meningkatkan saling pengertian dan saling mengenal antara masyarakat kedua negara. Duta Besar meyakini bahwa hubungan yang erat dan kuat antara masyarakat kedua negara/people-to-people akan lebih bersifat permanen.  Hubungan yang erat dan kuat antara masyarakat kedua negara akan menjadi fondasi yang solid bagi peningkatan hubungan bilateral kedua negara di berbagai bidang lainnya.

Para tamu menikmati hidangan kuliner Indonesia yang disajikan secara sederhana dengan mempertimbangkan protokol kesehatan Covid-19, sambil menikmati iringan musik dan lagu-lagu Indonesia dan Mozambique yang dibawakan oleh pemain musik staf KBRI Maputo dan Friends of Indonesia.

Pengajaran tari secara on-line baru pertama kali dilakukan oleh Perwakilan RI di luar negeri, dilakukan seminggu sekali. Tim Gema Citra Nusantara selain bertatap muka secara on-line, juga akan mengirimkan video agar para murid dapat latihan mandiri sebelum hadir pada latihan berikutnya.

Para penari diharapkan dapat mengisi berbagai acara kebudayaan Indonesia dan menjadi Friends of Indonesia. (*)

Baca Juga


# Gan | KBRI Maputo

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS