Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, August 27, 2020

Indonesia Tegaskan Rencana Israel Aneksasi Palestina Harus Dibatalkan


New York(AS).BM- Indonesia sebagai Presiden Dewan Keamanan (DK) PBB memimpin pertemuan virtual DK PBB yang membahas mengenai isu Palestina (25/08/2020). Atas nama Indonesia,  mendorong masyarakat internasional untuk terus menolak proses aneksasi serta meminta semua pihak untuk segera memulai negosiasi.

“Kita harus pastikan bahwa rencana aneksasi Palestina oleh Israel tidak berhenti sementara, tetapi untuk selamanya,” demikian ditegaskan Wakil Tetap RI untuk PBB di New York, Dubes Dian Triansyah Djani. Lebih lanjut Dubes Djani menekankan bahwa aneksasi, apapun bentuknya dan sampai kapanpun merupakan tindakan ilegal.

Di pertemuan yang menghadirkan Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk proses perdamaian di Timur Tengah, Nickolay Mladenov, Indonesia mengingatkan kembali bahwa konflik yang telah berlangsung berpuluh-puluh tahun di Palestina berdampak sangat buruk bagi masyarakat Palestina, terutama perempuan dan anak-anak. Hal paling penting bagi Palestina adalah solusi komprehensif yang adil dan berkelanjutan. 

“Untuk itu, Indonesia mendorong dimulainya kembali proses diplomasi dan negosiasi, khususnya antar pihak-pihat terkait di kawasan,” ujar Dubes Djani.

Utusan Khusus Mladenov menyampaikan kekhawatirannya atas kekerasan dan pengusiran warga Palestina yang terus berlangsung di wilayah-wilayah pemukiman ilegal Israel. Selain itu, meningkatnya kasus positif dan korban jiwa akibat COVID-19 di wilayah Palestina juga membutuhkan perhatian dan bantuan masyarakat Internasional.

Mayoritas negara anggota DK PBB menegaskan kembali dukungan mereka terhadap penyelesaian konflik Israel – Palestina, berdasarkan hukum internasional dan “two-state solution", serta parameter internasional yang sejalan dengan berbagai resolusi DK PBB, sebagai solusi damai dan adil bagi penyelesaian konflik Israel dan Palestina.


Baca Juga

# Gan | PTRI New York

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 18 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS