Kiprah Kartini Indonesia di AS Lindungi WNI dari Dampak Pandemi COVID-19 - Benang Merah News

Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_53.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Friday, April 24, 2020

Kiprah Kartini Indonesia di AS Lindungi WNI dari Dampak Pandemi COVID-19


​​Chicago(AS).BM- Berbagai cara dapat dilakukan untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April. KJRI Chicago bekerja sama dengan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (Permias) selenggarakan seminar daring berjudul “Kartini Masa Kini di Luar Negeri: Mengabdi Untuk Negeri" (22/04/2020).

Seminar tersebut menampilkan tentang berbagai pengalaman kaum perempuan Indonesia yang saat ini berada di Amerika Serikat, namun memiliki kepedulian yang tinggi untuk membantu negeri Indonesia dari jarak jauh. Tantangan yang dihadapi jauh lebih berat akibat pandemi COVID-19, terlebih di Amerika Serikat yang saat ini menempati ranking pertama di dunia dengan jumlah korban terpapar telah melebihi 800 ribu orang dan korban yang meninggal dunia lebih dari 40 ribu orang. Kondisi ini tidak menyurutkan semangat kaum perempuan Indonesia di Amerika Serikat untuk ikut membantu negeri melalui berbagai kegiatan yang digeluti saat ini. 

“Bahkan yang membanggakan negeri dari kaum Kartini milenial saat ini adalah banyaknya diantara mereka yang sedang menimba ilmu di berbagai perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat, di bidang kedokteran, psikologi, ekonomi dan perbankan, teknologi informasi, pertanian, sosial budaya, dan bahkan sedang menempuh pendidikan pilot khususnya Kartini-Kartini muda yang berasal dari Papua. Selain sebagai mahasiswa, para Kartini Indonesia juga banyak yang berkiprah sebagai dokter, peneliti dan dosen di berbagai perguruan tinggi, pengusaha, tokoh agama dan organisasi sosial, guru serta karyawan berbagai perusahaan Amerika," ujar Konsul Jenderal RI di Chicago Meri Binsar Simorangkir dalam sambutannya.

Seminar tersebut menghadirkan Psikolog Whinda Yustisia, MSc., yang merupakan PhD Candidate di Loyola University Chicago, Dokter Santi Budiasih MD., seorang praktisi dokter spesialis anak di Ascension Medical Group, Wisconsin dan Yorin Anggari, mahasiswa berprestasi yang tengah menempuh studi di University of Illinois di Urbana-Champaign dan Shoreline Community College.

Psikolog Whinda Yustisia, MSc., menjelaskan bahwa pandemi COVID-19 ini telah menimbulkan dampak psikologis kepada para wanita yang memiliki peran ganda. Kaum perempuan memiliki kekuatan yang lebih dari pria dalam menjalankan fungsi ganda yang dilakukan sehingga baik profesi maupun tanggung-jawab keluarga dapat berjalan lancar.

Dokter Santi Budiasih, MD., menjelaskan dirinya acap kali menghadapi berbagai pertanyaan dari keluarga pasien dan menjelaskan tentang berbagai kemajuan-kemajuan di Indonesia. Ia juga terdorong untuk memberikan waktu dan tenaga buat negeri Indonesia melalui pemberian berbagai informasi tentang prosedur bekerja sebagai dokter di Amerika Serikat dan mengirimkan berbagai buku atau literatur kedokteran pediatri bagi para kolega di tanah air.

Yorin Anggari menyebutkan banyak hal yang bisa dilakukan oleh mahasiswi Indonesia buat negeri di tengah-tengah studinya di Amerika Serikat.  Di sela-sela kuliah di dua perguruan tinggi, ia juga menjabat sebagai Ketua Permias di kampusnya serta aktif membantu Tim Satuan Tugas COVID-19 Permias Nasional AS dengan melakukan pendataan kesehatan bagi mahasiswa Indonesia yang terdampak COVID-19, yang saat ini telah terdaftar sekitar 4.500 orang.

“Kita patut bangga kalau kaum perempuan memiliki kekuatan yang lebih besar dari kaum pria dalam menghadapi situasi dan dampak COVID-19. Kaum Ibu khususnya mampu untuk menjalankan fungsinya sebagai pegawai atau mahasiswa juga sebagai ibu rumah tangga yang harus melayani keperluan sehari-hari keluarga. Kedua, kisah yang disampaikan para narasumber mencerminkan bahwa Kartini-Kartini masa kini di luar negeri tetap memiliki kepedulian yang tinggi untuk membantu negeri menghadapi masa-masa sulit saat ini di bidangnya masing-masing. Ketiga, kaum Kartini juga mampu untuk menjadi ahli di bidang-bidang yang selama ini di dominasi oleh kaum pria, bahkan sekalipun berprofesi sebagai pilot untuk ikut memajukan Indonesia di masa mendatang," ujar Konsul Meri Binsar Simorangkir menutup seminar.

Baca Juga


# Gan | KJRI Chicago

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS