Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Friday, March 6, 2020

Untuk Kepulauan Mentawai, BPS Sumbar: Pendataan Sensus Penduduk dilakukan Secara Online dan Wawancara

Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Sensus Penduduk 2020 di Tuapeijat. (foto; humas)

Mentawai(SUMBAR).BM- Kapala BPS Provinsi Sumatera Barat Ir. Pitono, M. Ab mengatakan pendataan sensus penduduk secara nasional di lakukan dengan dua cara yakni secara online dan sistem wawancara.

"Untuk sensus penduduk secara keseluruhan baik di tingkat provinsi maupun wilayah terpencil diterapkan secara online dan wawancara, kenapa dua cara ini dilakukan, karena tidak semua wilayah terkoneksi jaringan internet, dan dilakukan secara online, untuk menyesuaikan dengan jaman milenial, jadi aspirasi generasi milenial diserap oleh BPS dan BPS akan melakukan perubahan "  Kata Pitono pada Rapat Koordinasi dan Konsolidasi mensukseskan Sensus Penduduk 2020, yang berlangsung di aula Sekretariat daerah Km 5 Tuapeijat, Rabu (04/03/2020).

Lebih lanjut dikatakan, sensus online diseluruh Indonesia dilakukan sejak 15 Februari s/d 31 Maret 2020, namun di  Mentawai sudah termasuk terlambat sosialisasinya, karena jadwal kegiatan begitu padat, dan barulah dilakukan sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.

Sementara kepala BPS Kabupaten Kepulauan Mentawai Taufik Amnul Hayat menambahkan, Pemda Mentawai sangat antusias dalam sosialisasi SP ini, melalui surat edaran Bupati Mentawai agar ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai mengikuti dan mengisi Sensus Penduduk secara online, sosialisasi ini juga BPS Mentawai  akan berjalan melakukan pendampingan tentang tata cara pengisian form secara online.

“Jadi, seluruh penduduk dapat melakukan pemutakhiran data kependudukan masing-masing secara online melalui website Sensus di alamat https://sensus.bps.go.id/login, " terangnya.

"Bagi warga yang tidak dapat melakukan secara online, karena  terkendala koneksi internet, serta yang belum mempunyai KK, atau NIK  maka petugas BPS akan mendatangi rumah warga untuk melakukan wawancara dan pencatatan pada bulan Juli 2020 mendatang," pungkas Taufid.

Baca Juga


# Gan | Humas BPS/ Humas Mentawai

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 29 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS