Kondisi 2 Pasien Positif Covid-19, Dirut RSPI Sulianti Saroso: Secara Umum Baik - Benang Merah News

Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_36.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_53.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.benangmerahnews.com/p/blog-page_25.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Friday, March 6, 2020

Kondisi 2 Pasien Positif Covid-19, Dirut RSPI Sulianti Saroso: Secara Umum Baik

Dirut RSPI Sulianti Saroso saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta, Jumat (6/3). (Foto: Humas/Jay).

JAKARTA.BM- Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Mohammad Syahril menyampaikan bahwa hingga saat ini kondisi kedua pasien teridentifikasi Covid-19 secara umum baik, dapat sembuh dengan baik, dan nantinya kembali bergabung dengan keluarga serta masyarakat di mana dia berada. 

”Jadi pasien yang pertama memang mendapat rujukan dari rumah sakit swasta dan sudah dirawat di sana selama 5 hari. Dengan demam, demam tinggi kemudian batuk, pilek, dan sesak nafas dan badannya agak lemah. Dirujuk ke Rumah Sakit Sulianti Saroso pada tanggal 1 Maret ya, tanggal 1 Maret jam 3,” ujar M. Syahril saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta, Jumat (6/3). 

Setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium, lanjut M. Syahril, hasilnya sebagaimana kemarin sudah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Pasien kedua, lanjut Syahril, ibu pasien 1 juga dirawat bersama karena merupakan close contact. Ia menjelaskan bahwa pada hari kedua masih demam, juga batuk, dan keluhannya itu masih stabil. 

”Tetapi alhamdulillah perjalanan hari ketiga, keempat, kemudian hari ini hari keenam, secara umum keadaan umumnya adalah baik. (Keadaan) baik, dengan indikasi bisa berkomunikasi, bahkan kedua pasien ini bisa bertelepon, ber-WA, video call dengan saudara-saudaranya yang ada di luar,” ujar Dirut RSPI Sulianti Saroso. 

Untuk hari ini, lanjut M. Syahril, demam alhamdulilah sudah tidak ada lagi di kedua orang ini, dengan sesak berkurang tapi masih sedikit ya. 

”Kemudian batuk juga berkurang banyak tapi masih ada sedikit. Tentu saja karena yang diserang adalah saluran napas, maka untuk batuk ini butuh waktu memang untuk mengeluarkan virus-virus yang ada di saluran napasnya,” kata M. Syahril. 

Kedua pasien ini, lanjut M. Syahril, bisa melakukan aktivitas sehari-hari, contohnya bisa makan sendiri tidak disuapi, kemudian bisa mengganti pakaian, dan ke kamar mandi maupun toilet sendiri tanpa harus dibantu oleh keluarga ataupun oleh perawat.

”Tensi, nadi, tekanan darah, Tensi, tekanan darah, kemudian respirasi, suhu, semuanya dalam batas normal, artinya kedua pasien ini baik. Dan mohon doa saja ke depan keluhannya akan semakin berkurang,” ujarnya. 

Soal hasil pemeriksaan laboratorium, menurut M. Syahril, sudah ada 1, 5, ke 6, 7, dan 9, jikalau melihat perkembangan dari hari pertama masuk sampai hari keenam adanya suatu penurunan, tidak ada perburukan gejala yang ada. 

”Jadi alhamdulillah indikator ini menjadi suatu parameter bagi kita semuanya bahwasanya insyaallah kedua pasien ini akan sembuh,” pungkas Dirut RSPI Sulianti Saroso akhiri pernyataan.

Baca Juga



# Gan | Setkab/FID/EN

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS