Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Sunday, March 1, 2020

Landa di 50 negara, Covid-19 Pandemi Global Telan Ribuan Korban Jiwa

Bersatu lawan Covid-19. (foto; China Daily)

Benangmerahnews.com
Padang(SUMBAR).BM- Penyebaran cepat virus yang bersumber di China dengan sebutan resmi "virus corona baru" telah menulari puluhan ribu warga China dan menyebar ke sekitar 50 negara dengan hampir 3.000 korban jiwa sejauh ini.

Hampir 80.000 orang di China tertular virus corona yang secara resmi disebut Covid-19 - sejak virus itu ditemukan di kota Wuhan, Provinsi Hubei pada Desember lalu.

Walaupun mayoritas kasus infeksi pernafasan yang menyebabkan gejala seperti pneumonia, tetap ada di China, virus itu kini tersebar lebih cepat di luar China saat ini.

Virus corona telah menjangkiti 4.300 orang di seluruh dunia, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Tiga wabah terbesar di luar China yang terdeteksi terjadi di Korea Selatan dengan 2.000 kasus, di atas kapal pesir Diamond Princess yang bersandar di Yokohama, Jepang dengan lebih dari 700 orang tertular, serta Italia dengan lebih dari 640 kasus.

Wabah ini juga menyebar ke Amerika Selatan dengan Brasil mengumumkan negara Amerika Latin pertama hari Kamis (27/02) dan kasus pertama di Afrika dipastikan di Aljazair, Mesir dan Nigeria. Selandia Baru juga telah memastikan kasus pertama.

Di Eropa, Australia, Kroasia, Yunani, Norwegia, Swiss, Georgia dan Macedonia Utara telah melaporkan kasus pertama, sementara penularan lain dilaporkan di Spanyol, Prancis dan Jerman.

Di Pulau Tenerife, Spanyol, sekitar 1.000 tamu dikarantina di hotel setelah seorang dokter Italia dan istrinya dites positif.

Pemerintah negara-negara Eropa meningkatkan persiapan di tengah lebih banyak lagi kasus yang terdeteksi.

Presiden Prancis Emmanual Macron memperingatkan epidemi virus corona di Prancis tak bisa dihindari.
Potensi pandemi dunia

Meningkatnya jumlah kasus setiap hari menimbulkan kekhawatiran bahwa wabah ini dapat menjadi pandemi - kondisi di mana penyakit menular menyebar dengan cepat dari manusia ke manusia di banyak tempat di dunia.

Jepang Tutup Semua Tingkatan Sekolah

Semua sekolah di Jepang dari sekolah dasar hingga sekolah menengah akan diminta tutup mulai 2 Maret hingga liburan musim semi akhir bulan ini, untuk membantu mengatasi wabah COVID-19, kata Perdana Menteri Shinzo Abe (dilansir dari Reuters 27/02).

Peningkatan dramatis dalam upaya Jepang untuk memerangi virus ini disebabkan oleh meningkatnya kritik terhadap apa yang dilihat sebagai respons pemerintah yang "bijak".

"Satu atau dua minggu ke depan adalah periode yang sangat penting," Abe mengatakan kepada tim medis COVID-19.

"Demi kesehatan dan keselamatan anak-anak, kami akan meminta semua sekolah dasar, menengah dan menengah atas di seluruh Jepang untuk sementara ditutup dari 2 Maret hingga musim semi."

Tahun sekolah di Jepang berakhir pada bulan Maret, dengan liburan musim semi biasanya dimulai pada akhir bulan.

Covid-19; Langkah Indonesia Menghadapi Pandemi Global

Selain menerima kepulangan WNI dari daerah terdampak Covid-19, pemerintah Indonesia telah menyiapkan langkah antisipasi penyebaran Covid-19. Pembatasan sampai dengan penutupan jalur penerbangan ke Cina, Hongkong dan beberapa daerah lain terduga endemik Covid-19.

Sejumlah 188 anak buah kapal (ABK) World Dream yang merupakan warga Negara Indonesia (WNI) berhasil dievakusi dan dari hasil pemeriksaan lanjut oleh tim kesehatan KRI dr. Soeharso dinyatakan tidak ada WNI terindikasi COVID-19.

“Mereka dalam kondisi sehat, suhu tubuh normal tidak ada yg diatas 38 derajat celcius. Selanjutnya mereka akan menjalani masa observasi selama 14 hari di Pulau Sebaru Kecil,” cuit akun @KemenkesRI pada hari Jumat (28/2) pukul 12.40 WIB.



Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D., meminta seluruh Pemerintah Daerah tangguh menghadapi dampak COVID-19 atau yang dikenal dengan penyebaran Virus Korona, terutama yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Hal itu diungkapkannya saat membuka Rapat Koordinasi Bidang Politik dan Pemerintahan Umum dan Deteksi Dini Mendukung Sukses Pilkada Serentak Tahun 2020 di Bali Nusa Dua Convention Center, Kamis (27/02/2020).

“Perintah Bapak Presiden, kita harus melaksanakan sejumlah langkah untuk menghadapi tekanan ekonomi selain akibat perang dagang antara US vs China, dan Brexit di Inggris, juga dampak COVID-19 atau Korona,” kata Mendagri.

Salah satu sektor yang terkena dampak dari adanya penyebaran Virus Korona yang berasal dari Tiongkok adalah sektor pariwisata. Pasalnya, wisatawan Tiongkok menjadi pangsa pasar wisata di Indonesia. Tak hanya itu, Tiongkok menjadi rekan import-export bagi Indonesia.

“Dampaknya otomatis di wisata, karena Tiongkok itu sekarang middle classnya meningkat, turisnya termasuk terbesar ke seluruh dunia termasuk ke Indoneisa, otomatis wisata akan terdampak, ini yang paling utama. Kemudian, Tiongkok menjadi partner nomor 1 di bidang import, berbagai jenis barang, mulai teknologi, manufaktur, makanan, dan bahan-bahan yang menjadi manufaktur kita di sini. Tiongkok juga partner nomor 1 untuk export karena pasarnya sangat besar. Dengan adanya wabah ini, berpegaruh cukup signifikan dan membuat perlambanan ekonomi,” jelasnya.

Dengan adanya isolasi di beberapa Kota di Tiongkok, meruntuhkan secara perlahan pertumbuhan yang telah dibangun di wilayah itu. Sementara itu, penurunan pertumbuhan ekonomi di Tiongkok, sedikit banyaknya akan memengaruhi perlambatan ekonomi di Indonesia.

“Dengan adanya lock down di Tiongkok, kota-kota diisolasi, ini menimbulkan efek psikologis masyarakat di Tiongkok terutama membuat mesin produksi menjadi lamban, pabrik dan kantor tutup. Ini pengaruhnya besar sekali, karena 1% penurunan pertumbuhan ekonomi di Tiongkok akan berdampak sekitar 0,06 pelambanan ekonomi di kita, ini harus kita antisipasi bersama,” ujarnya.

Presiden Jokowi lewat akun twitter @jokowi mengatakan Wabah virus korona tentu berdampak bagi perekonomian global, termasuk Indonesia.

"Untuk mengantisipasinya, saya minta kementerian dan lembaga untuk lebih cepat membelanjakan anggaran, mencairkan dana desa, juga program bantuan sosial untuk menggenjot perekonomian dalam negeri" cuit akun @jokowi pada hari Selasa (25/2) pukul 08.50 WIB.

Baca Juga


# Gan | @Kemenkes/@Kemendagri/@ChinaDaily

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 29 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS