Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Friday, July 12, 2019

Menteri Agama Apresiasi Dukungan Pemprov Sumsel dalam Mencetak SDM Berkualitas


Palembang(SUMSEL).BM- Gubernur Sumatera  Selatan H. Herman Deru diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel H. Nasrun Umar menghadiri peresmian gedung Rafah Tower dan Student Residence Kampus UIN Raden Fatah Palembang, Kamis (11/7).

Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda H. Nasrun Umar menyambut baik dibangunnya gedung Rafah Tower dan Student Residence Kampus UIN Raden Fatah yang diharapkan dapat mempermudah proses belajar mahasiawa dalam mencetak generasi yang unggul dimasa mendatang.

"Khusus Student Residence,  kita harapkan dapat diperioritaskan bagi mahasiswa yang tinggal dari luar Kota Palembang. Bagi mahasiswa,  kami mengharapkan jagalah semua fasilitas ini jangan hannya  kita bisa membangun saja, tetapi kita juga  bisa menjaga rumah susun mahasiswa ini dengan baik," harap Sekda.

Untuk biaya sewa yang  dikenakan bagi mahasiswa yang akan bermukim di Student Residence Kampus UIN, Gubernur meminta, harus memperhatikan posisi  yang tepat dan dapat dijangkau oleh mahasiwa.

"Khusus pak Menteri Agama. Saya mewakili pak gubernur, mengucapkan  terimakasih atas bantuan dan perhatian yang telah diberikan pada UIN Raden Fatah ini. Pemprov juga akan berusaha memberikan dukungan untuk Universitas ini demi kemaslahatan umat. Semoga ini dapat menjadi amal ibadah bagi kita semua," tandas Nasrun umar.

Sementara itu Menteri Agama  RI, Lukman Hakim Saifudin dalam arahannya  memberikan apresiasi pada Pemprov. Sumsel yang telah banyak memberikan kontribusi besar pada UIN Raden Fatah Palembang selama ini.

Dikatakannya, lima tahun terakhir  Pemerintah Pusat tengah fokus dalam pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Dan lima tahun kedepan pemerintah fokus pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Karena itu Kementerian Agama konsentrasi dalam memajukan pendidikan agama.

"problem bangsa ini sebagai negara dengan penduduk besar dan geografis wilayah yang luas. Inilah tantangan dunia pendidikan kita terkait dengan  kualitas dan pemerataan atau sebaran. Maka tidak ada pilihan lain bangsa ini harus bergelut dalam pembangunan sarana fisik atau kuantitas.  Baru setelah itu bicara kualitas  pendidikan kita,"  tegasnya.

Untuk pemerataan pendidikan di Indonesia lanjut Menteri Agama, saat ini tengah mengencarkan pembangunan gedung baru khususnya di perguruan tinggi.

"Karena itulah gedung baru UIN ini harus memberikan manfaat dan kemaslahatan sebanyak mungkin dalam meningkatkan kualitas pendidikan kita," tandasnya.

Sebelumnya Rektor  UIN raden Fatah Palembang Prof. Drs  H. Sirozi dalam laporannya mengucapkan terimkasih pada Menteri Agama RI yang hadir dalam peresmian gedung Rafah Tower dan Student Residence Kampus UIN Raden Fatah.  

Dia juga mengulas secara singkat sejarah lahirnya cikal bakal IAIN Raden Fatah Palembang pada tahun 1964 yang selanjut menjadi   UIN  Raden Fatah sampai saat ini.

"Karena itu dia berharap ada perhatian dari Pemprov. Sumsel dalam bentuk hibah tanah. Saat ini tengah dibangun juga kampus B UIN Raden Fatah Palembang di Jakabaring  yang tanahnya hibah dari Provinsi," tegasnya.

Prof. Drs  H. Sirozi juga menyebutkan Rafah Tower dan Student Residence Kampus UIN Raden Fatah dibangun dengan dana bersumber dari Surat Berharga Syairah Negara. Teridri dari 9 lantai untuk  Rafah Tower yang dilengkapi perpustakaan. Ruang kuliah dan lantai dasar  untuk parkir. Sedangkan untuk  Student Residence lima lantai.

"Kedepan hisab dan rukyat  penentuan awal bulan puasa dan hari raya yang selama ini kita lakukan di Arya Duta akan dialihkan  hisab dan rukyat  di gedung Rafah Tower Kampus UIN Raden Fatah," harapnya.

Peresmian  gedung Rafah Tower dan Student Residence Kampus UIN Raden Fatah Palembang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti dan peninjauan ruangan gedung.

Tampak hadir mendampingi Menteri Agama RI dalam peresmian gedung baru UIN kali ini Kakanwil Kemenag Sumsel H. Alfajri Zabidi, pejabat Pemprov. Sumsel dan para akademisi  dan tamu undangan penting lainnya.


# Gan | Humas Sumsel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Rabu 24 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS