Cegah Dehidrasi, Jemaah Haji Harus Sering Minum - Benang Merah News

Breaking

Sunday, July 14, 2019

Cegah Dehidrasi, Jemaah Haji Harus Sering Minum

Foto : Darmawan/MCH2019

Madinah(ARAB SAUDI).BM- Kepala Seksi Layanan Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, dr. Edi Supriatna menyerukan kepada jemaah haji Indonesia sering mimum untuk mencegah dehidrasi.

Edi mengatakan bahwa sebagian besar keluhan pasien dari jemaah haji Indonesia yang ditangani oleh Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) diakibatkan oleh dehidrasi. 

“Hal ini dikarenakan suhu di Arab Saudi yang meningkat akan tetapi kelembabannya rendah,” tutur Edi, Jumat (12/07) malam Waktu Arab Saudi.

Menurut Edi, suhu dengan kelembaban rendah dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang disebut dehidrasi.

“Kelembaban yang rendah ini mengindikasikan rendahnya kadar air di dalam tubuh. Maka dehidrasi ini obatnya adalah air,” ujar Edi.

 “Jadi minum sebenarnya obat yang dapat menghindarkan jemaah dari penyakit-penyakit yang lain, terutama yang terkait dengan cuaca ekstrim di Arab Saudi,” imbuhnya

Edi menambahkan bahwa jemaah haji cenderung menahan keinginan untuk sering minum karena kuatir akan sering buang air kecil. Padahal menurut Edi, apabila seseorang minum air sebanyak 100ml per jam tidak akan menyebabkan buang air kecil. Karena pada dasarnya, air tersebut bisa keluar melalui keringat dan evaporasi.

“Gejala dehidrasi bisa ditandai dengan gatal-gatal, gangguan jiwa, dan demensia,” tuturnya.

Pihaknya juga sudah menyampaikan pada TKHI yang berangkat dari embarkasi agar di pesawat sebelum melakukan peregangan dilakukan gerakan minum bersama.

“Mudah-mudahan gerakan minum bersama, mulai dari embarkasi bisa dilaksanakan oleh para tenaga kesehatan,” pungkasnya.

# Gan | MCH2019

No comments:

Post a Comment

PT. Benang Merah Persada Mengucapkan: Selamat datang di www.benangmerahnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Syafrizal Gan