Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Wednesday, June 26, 2019

Bareskrim Polri Berhasil Tangkap Para Pemilik Akun yang Sebarkan Hoax dan Hate Speech


JAKARTA.BM- Para pemilik akun media social (medsos) yang sering memposting konten-konten hoax, ujuaran kebencian(Hate speech) dan provokatif akhirnya berhasil di tangkap pihak Kepolisian.

“Kami sudah mendeteksi berbagai macam akun yang sifatnya provokatif, menyebar hoax, narasi ujaran kebencian,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., Rabu (26/06/19).

Penangkapan tersebut dilakukan berdasarkan pantauan tim patroli siber yang dilakukan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

“Mereka itu sudah kami pantau. Dari Direktorat Siber telah mem-profiling beberapa admin akun,” jelas Karo Penmas.

Jenderal bintang satu tersebut menuturkan dia tak dapat membeberkan jumlah admin akun medsos yang telah ditangkap karena penyidik masih melakukan proses pemeriksaan. Penyidik masih mendalami keterkaitan pelaku dengan konten negatif tersebut, jelas Karo Penmas.

“Sudah diamankan dan setelah pemeriksaan akan kami sampaikan. Saat ini penyidik sedang memeriksa, masih dipilah apakah dia creator, buzzer, atau forwarder,” terang Karo Penmas.

Karo Penmas pun menjelaskan, ada peningkatan kasus konten negatif tahun ini dibanding pada 2018.

“Kalau data dari Siber, Januari sampai Desember 2018 itu ada 52 kasus. Untuk 2019, Januari sampai Juni, itu ada 51 kasus. Artinya ada peningkatan di situ, kalau tahun lalu itu satu tahun 52 kasus, tahun ini dari Januari sampai Juni sudah 51 kasus,” terang Karo Penmas.


# Gan | Humas Polri

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS