Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Sunday, May 26, 2019

Pemerintah Bangun Jaringan Irigasi di Kabupaten Garut

Menteri PUPR saat meninjau Bendung Copong di Garut.

Garut(JABAR).BM- Untuk mendukung produksi pangan di Garut, Pemerintah melalui Kementerian PUPR membangun Bendung Copong untuk menaikkan dan mempertahankan tinggi muka air Sungai Cimanuk sehingga bisa dialirkan ke saluran irigasi hingga musim kemarau.

Selain itu, juga pembangunan jaringan irigasi primer sepanjang 13 kilometer (km) dan merehabilitasi 3 km jaringan irigasi primer yang ada.

Pembangunan bendung dan jaringan irigasi di Daerah Irigasi Leuwigoong ini akan mengairi areal sawah di 11 kecamatan di Garut seluas 5.313 hektare (ha). Dengan adanya jaringan irigasi yang andal dapat meningkatkan indeks pertanaman petani Garut dari 176% sekarang, menjadi 250%. Artinya bisa tanam padi 2 kali dan 1 kali palawija.

Pasca banjir bandang yang terjadi di Kota dan Kabupaten Garut pada 2016 lalu, Kementerian PUPR telah melakukan normalisasi Sungai Cimanuk dan anak Sungai Cimanuk sepanjang 5 km.

Kementerian PUPR juga mendirikan tugu peringatan banjir bandang Sungai Cimanuk untuk mengenang dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga daerah aliran sungai. Dengan begitu pemukiman yang berada di sekitar daerah aliran Sungai Cimanuk lebih aman dari ancaman banjir bandang. 



# Gan | Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 29 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS