Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, May 2, 2019

Gubernur Herman Deru: Guru Harus Up To Date Ikuti Dinamisnya Model Pendidikan


Palembang(SUMSEL).BM- Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru tertindak sebagai inspektur upacara pada puncak peringatan  Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal  2 Mei 2019 di Provinsi Sumatera Selatan  yang dipusatkan di halaman Rumah Dinas Gubernur Griya Agung Palembang, Kamis (2/5) pagi.

Dalam pidato tertulisnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy yang dibacakan Gubernur Sumsel H. Herman Deru  menegaskan dijadikannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan  di Indonesia tidak lain merupakan bentuk penghargaan yang diberikan atas jasa  Bapak Pendidikan Nasional,  Ki Hajar Dewantara yang lahir diPakualaman, 2 Mei 1889.

“Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini. Marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif,” ucap Herman Deru.

Lebih lanjut dia menegaskan, selama empat tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo-Yusuf Kalla  selain fokus pada  pembangunan infrastruktur jalan, irigasi dan bidang energy, dunia pendikan juga menjadi perioritas pemerintah. Karena itu Kemendikbud telah memberi perhatian khusus untuk pendidikan di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal. Termasuk diantaranya pendidikan bagi anak-anak Indonesia yang berada di luar batas negara, seperti anak-anak keturunan Indonesia yang berada di Sabah dan Serawak, negara bagian Malaysia.

“Perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. Di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya,” tambahnya.

Lebih lanjut Mendikbud dalam pidato tertulisnya juga menyampaikan apresiasi untuk insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri yang tak lelah memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya.

“Kepada Ibu dan Bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang, para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya, Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia,” ucap Herman Deru.

Usai upcara Herman Deru secara khusus menyampaikan pesan untuk para pendidik di Sumsel. Agar momen Hardiknas dapat menjadi memicu semangat bagi para guru untuk terus meneladani sosok  pejuang pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara. Serta terus meningkatkan kemampuan dalam menididik dengan  mengikuti dinamisnya model pendidikan kekinian yang terjadi dibelahan dunia.

“Apa yang telah kita perbuat selama ini lakukan evaluasi. Dengan mengevaluasi apa yang sudah kita perbuat untuk majunya dunia pendidikan di Sumsel. Yang paling penting kita jangan ketinggalan zaman. Jadi kita harus uptudate mengikuti dinamisnya model pendidikan ini baik nasional maupun internasional," tandas Herman Deru.

Nampak hadir dalam upacara Hardiknas kali ini Sekda Provinsi Sumsel H. Nasrun Umar, Forkompinda Sumsel, Para Pejabat Lingkungan Pemprov Sumsel, Para Kepala Sekolah, Guru dan Siswa-Siswi. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Penampilan Marcing Band SMA Negeri 1 dan SMK Negeri 2 Palembang.



# Gan | Humas Sumsel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Rabu 24 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS