Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Wednesday, April 10, 2024

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Lampung, Sugeng Widodo Sugeng Widodo memberikan pengarahan terkait pelayanan kepada petugas yang bersiaga di salah satu SPKLU Tol Trans Sumatera.


Kalianda(LAMSEL).BM- PT PLN (Persero) menyiagakan 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh tanah air untuk periode mudik lebaran tahun 2024. Dari Lampung hingga ke Sumatera Selatan, PLN menyiagakan 39 unit SPKLU di kedua ruas jalan Tol Trans Sumatra.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan bahwa pihaknya telah memetakan sebaran SPKLU secara nasional, termasuk jalur tol Trans Sumatra. Sebarannya dihitung dengan jarak rata-rata antar SPKLU yaitu sekitar 23 kilometer (km).

"Kapasitas baterai mobil listrik paling kecil sebesar 39 kWh memiliki jarak tempuh 300 km, sehingga tidak perlu ada kekhawatiran untuk perjalanan jauh. Mudik dengan mobil listrik sangat aman karena rata-rata jarak antar SPKLU sekitar 23 km,” ungkapnya setelah melakukan pengecekan SPKLU di rest area km 626 B Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada Sabtu (6/4).

Darmawan menambahkan pihaknya terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini salah satunya diwujudkan dengan penambahan fitur pada Aplikasi PLN Mobile, sehingga masyarakat pengguna kendaraan listrik semakin nyaman dalam melakukan perjalanan jarak jauh.

“Bagi masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan listrik sekarang tidak perlu ragu lagi. PLN sudah menyiapkan manajemen perjalanan mobil listrik dengan fitur Trip Planner di aplikasi PLN Mobile,” kata Darmawan.

Lewat menu Trip Planner, pemudik bisa mengatur titik berangkat dan titik tujuan. Secara otomatis, PLN Mobile akan memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute tersebut.


Secara rinci, terdapat 27 unit SPKLU yang tersebar pada 17 rest area jalan Tol di Provinsi Lampung, yakni Rest area km 20 A, km 20 B, km 33 A, km 33 B, km 49 A, km 49 B, km 67 A, km 67 B, km 87 A, km 87 B, km 116 A, km 116 B, km 163 A, km 172 B, km 208 A, km 215 B, dan km 234 A. 
 
Sementara di Provinsi Sumatera Selatan, terdapat 12 unit SPKLU yang tersebar pada 6 rest area jalan Tol, yakni km 56 A, km 56 B, km 269 B, km 277 A, km 306 B dan km 311 A.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Lampung, Sugeng Widodo menyatakan dari total 17 lokasi rest area di wilayah Lampung, sebanyak 13 SPKLU baru telah berhasil dioperasikan khusus menyambut mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

"SPKLU ini merupakan bentuk partisipasi PLN dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik dengan menyiapkan sarana pendukung untuk pemudik yang menggunakan kendaraan listrik baik pada arus mudik maupun arus balik," ujar Sugeng Widodo saat meninjau SPKLU di km 20 B Kailan, Sabtu (7/4).

Dalam kesempatan terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) Adhi Herlambang memastikan seluruh SPKLU di wilayah kerja PLN UID S2JB dalam kondisi prima. Ia memastikan PLN telah menyiapkan petugas yang berjaga di masing-masing posko dan SPKLU selama masa siaga arus mudik Idul Fitri. 

"Salah satunya SPKLU Rest Area km 311 A tol Kayu Agung - Bakaheuni, untuk memastikan infrastruktur kami dalam kondisi prima dan siap mendukung kelancaran aktivitas mudik bagi para pengguna kendaraan listrik," kata Adhi saat pengecekan kesiapan posko SPKLU di Rest Area km 311 A tol Kayuagung - Bakaheuni.

PLN juga menyiagakan petugas yang berjaga 24 jam untuk membantu para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik saat melakukan pengisian daya di SPKLU. 

Baca Juga

#Gan | Rel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 09 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS