Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Wednesday, March 27, 2024

Resmikan Rekonstruksi Jaringan Irigasi Gumbasa, Presiden Dorong Peningkatan Produktivitas dan Ketahanan Pangan

Presiden Jokowi meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (27/03/2024). (Foto: BPMI Setpres)

Sigi(SULTENG).BM- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (27/03/2024). Presiden mengharapkan keberadaan infrastruktur ini dapat meningkatkan produktivitas sekaligus ketahanan dan kedaulatan pangan Indonesia.

“Saya harap dengan rehabilitasi dan rekonstruksi daerah irigasi Gumbasa ini akan meningkatkan produktivitas pertanian kita, mendukung keamanan, ketahanan dan kedaulatan pangan, serta meningkatkan kesejahteraan petani,” ujar Presiden.

Presiden mengungkapkan, rehabilitasi dan rekonstruksi jaringan irigasi di Gumbasa dilakukan dengan alokasi anggaran sebesar Rp1,25 triliun. Anggaran tersebut dipergunakan  untuk rekonstruksi satu bendungan, 35 kilometer saluran primer, 52 kilometer saluran sekunder, 119 kilometer saluran tersier, dan 82 saluran pembuang.

“Rehabilitasi Daerah Irigasi di Gumbasa telah dimulai dilakukan di tahun 2016, melewati perjalanan panjang, kemudian terjadi bencana di 2018, dan alhamdulillah akhirnya tahun ini, tahun 2024, selesai,” imbuhnya.


Presiden menekankan, keberadaan infrastruktur ini dapat mengoptimalkan daerah layanan seluas 8.180 hektare persawahan sekaligus meningkatkan indeks pertanian dari semula 149 persen menjadi 300 persen, atau sekitar dua kali lipat.

“Kita harus terus bekerja keras untuk mewujudkan ketahanan pangan, kedaulatan pangan. Dan, kita sudah melaksanakan pembangunan serta rehabilitasi infrastruktur irigasi, termasuk bendungan dan jaringan irigasi yang tersebar di seluruh tanah air, untuk memastikan ketersediaan air bagi sawah, bagi petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian kita,” tandasnya.

Baca Juga

#Gan | Rel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Rabu 17 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS