Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, March 26, 2024

Indonesia – Kamboja Jajaki Potensi Kerjasama Infrastruktur


Phnom Penh(KAMBOJA).BM- “Peningkatan konektivitas membuka jalan bagi kerja sama bilateral yang lebih kuat, terutama di bidang perdagangan dan ekonomi," ungkap Dr. Santo Darmosumarto, Duta Besar RI untuk Kerajaan Kamboja, saat bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Transportasi Kamboja H.E. Peng Ponea, pada Jumat (22/03), di Phnom Penh.

Pertemuan tersebut berlangsung hanya dua minggu setelah pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Hun Manet di sela-sela ASEAN – Australia Special Summit di Melbourne pada tanggal 5 Maret 2024, di mana kedua pemimpin bertukar pandangan mengenai potensi kerja sama di bidang infrastruktur dan konektivitas.

Mengenai pembangunan infrastruktur, Menteri Peng Ponea menggarisbawahi prioritas pemerintah Kamboja saat ini untuk pembangunan waterways dan upgrading railways. Ia mengundang pemerintah Indonesia dan sektor swasta untuk mengambil bagian dalam upaya ini.

Dubes Santo menyatakan komitmennya untuk menggali lebih dalam peluang BUMN Indonesia untuk terlibat dalam pembangunan infrastruktur di Kamboja. Ia menyoroti, “BUMN Indonesia telah memiliki pengalaman berharga dalam pembangunan infrastruktur di luar negeri, baru-baru ini di Filipina dan Timor Leste".


Duta Besar Santo juga menggarisbawahi bahwa Indonesia memiliki pengalaman dalam mengembangkan perkeretaapian di Pulau Jawa dan menyampaikan potensi kerja sama dengan Kamboja di bidang ini. Ia menambahkan bahwa Menteri Pekerjaan Umum dan Perhubungan sebelumnya, H.E. Sun Chantol, pada tahun 2019 telah mengunjungi perusahaan manufaktur gerbong kereta api Indonesia, PT. INKA. 

Pengembangan sumber daya manusia juga menjadi salah satu topik diskusi, Duta Besar Santo menyampaikan niat Indonesia untuk menawarkan lebih banyak program peningkatan kapasitas dan beasiswa.

Tahun ini menandai peringatan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Kamboja. Duta Besar Santo mempunyai visi untuk mengubah ikatan sejarah yang kuat antara kedua negara menjadi hubungan ekonomi yang nyata. Untuk memfasilitasi tujuan tersebut, KBRI akan menyelenggarakan forum investasi infrastruktur di Jakarta pada bulan Oktober 2024, yang bertujuan untuk mempromosikan peluang investasi dari Kamboja ke Indonesia dan sebaliknya.

Baca Juga

#Gan |  KBRI Phnom Penh

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Minggu 21 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS