Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, March 26, 2024

[HOAKS] Tingkat Kejantanan dan Jumlah Hormon Kesuburan Dapat dilihat Melalui Kuku


Padang(SUMBAR).BM- Beredar unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa tingkat kejantanan pada pria dan jumlah hormon kesuburan pada pria dapat dilihat dari "bulan sabit" atau lunula yang ada pada kuku pria. 

Dalam video tersebut dijelaskan bahwa pria dikatakan jantan atau memiliki hormon kesuburan yang tinggi apabila lunula terdapat pada ibu jari tangan saja, tanpa ada di jari lain.


Faktanya, klaim dalam video tersebut tidaklah benar. Terjawab... Pengajar Prodi Dokter Spesialis-1 Andrologi, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair), Agustinus, mengatakan bahwa belum ada penelitian yang menunjukkan hubungan antara lunula dengan hormon reproduksi pria seperti testosteron, stimulan folikel (FSH), luteinizing (LH), dan prolaktin. 

Dilansir dari cdnsciencepub.com, Canadian Journal of Physiology and Pharmacology pernah menerbitkan jurnal tentang penurunan testosteron terkait usia bisa dideteksi dari kuku pria. 

Akan tetapi, untuk mengukurnya perlu digunakan alat Enzyme Immuno Assay (EIA) untuk mendeteksi serta mengukur zat tertentu menggunakan reaksi imunologis. 

Tidak hanya dengan melihat lunula pada kuku.

Baca Juga

#Gan 

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 18 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS