Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Sunday, March 24, 2024

Hari Kedua Donor Darah HBT '603 Kantong Darah' Terkumpul, Sandy Sintia: Setetes Darah dari Kita Untuk Membantu Sesama


Padang(SUMBAR).BM- Kegiatan Bakti Sosial Donor Darah yang dilaksanakan oleh HBT (Himpunan Bersatu Teguh), 22 - 26 Maret 2024, bertempat di Gedung HBT Pusat jalan Kelenteng No 309-311, Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Memasuki hari kedua kegiatan bakti sosial tersebut mendapat tanggapan positif dari masyarakat, terlihat dari ramai dan banyaknya jumlah kantong darah yang terkumpul.   

"Hari ini terkumpul darah sebanyak 314 kantong, kemaren hari pertama terkumpul 289 kantong sehingga total 603 kantong selama diadakan, ini adalah hari kedua, acara donor darah masih berlanjut sampai tgl 26 Maret ini," ungkap ketua 3 HBT Nanang Kosasih didampingi pengurus bagian Sosial, Sandy Sitia, Sabtu (23/ 03/ 2024).

Dikesempatan itu, Sandy Sitia mengatakan, "Setetes darah dari kita untuk membantu sesama. Tak bisa dipungkiri bahwa donor darah merupakan kegiatan yang mulia dan sangat bermanfaat, terutama untuk kemanusiaan. Sekantung darah dapat menyelamatkan jiwa seseorang," katanya.


Lebih lanjut, Dengan donor darah, ternyata juga menyimpan banyak manfaat bagi pendonornya. Manfaat tersebut antara lain menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikiologis, menurunkan kelebihan zat besi dalam darah, dan sebagainya.

"Setelah pemeriksaan fisik dan pendonor dinyatakan memenuhi syarat, maka petugas medis akan memasukkan jarum steril ke pembuluh darah vena di lengan pendonor untuk mengambil darah. Prosedur ini biasanya memakan waktu sekitar 5–10 menit. Pendonor tidak perlu khawatir akan kekurangan darah, karena tubuh akan secara alami memproduksi darah baru untuk menggantinya," pungkasnya.

Liputan Donor Darah HBT 22 - 26 Maret 2024 hari ke 2 oleh Firman Zhou


Baca Juga

#Gan

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Minggu 14 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS