Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, March 28, 2024

Buka Bersama Apkasi, Mendagri Minta Para Bupati Perhatikan Masalah Pangan hingga Keamanan Mudik Lebaran


JAKARTA.BM- Menjelang perayaan Idulfitri, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta para bupati yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) untuk proaktif memastikan ketersediaan bahan pangan di wilayah masing-masing.

Menurut Mendagri, 416 bupati yang menjadi anggota Apkasi memiliki peranan penting dalam menjaga stabilitas ekonomi dan keamanan di daerah masing-masing. "Terutama [menyangkut] bahan pangan dan lain-lain," katanya pada saat acara Silaturahmi dan Buka Bersama Apkasi di Gedung Sahid Sudirman Center, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Selain menjaga pasokan bahan pangan, Mendagri juga mengimbau pemerintah daerah (Pemda) untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan dalam arus mudik Lebaran. Karena itu, Pemda diminta untuk memastikan standar keamanan dan keselamatan pada transportasi umum dijalankan dengan benar. Misalnya, ketersediaan pelampung sebagai fasilitas wajib pada kapal-kapal penyeberangan.

"Siapkan pelampung. Jadi mohon betul ini wajibkan pelampung, cek terminal dan pelabuhan untuk siapkan pelampung. Ini habit di negara-negara maju sudah dilakukan," tegasnya.


Selain itu, Mendagri juga mengingatkan bahwa kecelakaan pada angkutan laut kerap terjadi akibat kelebihan beban atau muatan (overload). Untuk itu, ia mewanti-wanti para bupati agar melakukan pengawasan dengan baik agar arus mudik berjalan lancar.

Sebagai informasi, dalam acara itu hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi, Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Apkasi Adnan Purichta Ichsan.

Baca Juga

#Gan | Rel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Minggu 21 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS