Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Monday, January 1, 2024

Gempa 7,6 M Hoyak Jepang, Peringatan Tsunami dikeluarkan


Ishikawa(JEPANG).BM- Gempa berkekuatan 7,6 skala Richter menghoyak kawasan Semenanjung Noto. Gempa tersebut mengakibatkan beberapa kota di jepang mengalami kerusakan serius.

Gempa bumi yang terjadi hari ini 1 Januari 2024 pukul 16.10 GMT, Pusat gempa berada dikota ishikawa, guncangan gempa juga sempat dirasakan di kota Nagoya.

Gempa ini merupakan yang terbesar yang tercatat di wilayah tersebut. Berpusat di Ishikawa. Gempa ini tercatat sebagai terkuat sejak  tahun 1885, kata Badan Meteorologi Jepang.


Yoshimasa Hayashi, sekretaris kabinet Jepang, telah memberikan konferensi pers, memperingatkan risiko gempa bumi lebih lanjut.

Ia menegaskan, pihak berwenang masih mengumpulkan informasi mengenai kerusakan tersebut. Belum ada kabar mengenai korban secara keseluruhan.



Namun, juru bicara pemerintah mengatakan ada enam lorang terjebak di bawah reruntuhan rumah yang runtuh.

Dia tidak bisa mengatakan apakah ini berarti enam orang atau lebih, tapi dia mengatakan ada beberapa laporan tentang bangunan yang runtuh.

Pejabat tersebut juga mengatakan bahwa peringatan tsunami yang dikeluarkan sebelumnya adalah peringatan besar pertama sejak Maret 2011, ketika Jepang dilanda salah satu gempa bumi terkuat yang pernah tercatat.


Peringatan tsunami diberlakukan di semua prefektur yang pantainya menghadap Laut Jepang. TV Jepang menghimbau masyarakat untuk segera lari ke tempat yang lebih tinggi! Ini serius. Gelombang setinggi 5m diperkirakan terjadi di Ishikawa.

Dia menambahkan, ada peningkatan risiko tanah longsor dan kebakaran di daerah yang terkena dampak.


Baca Juga

#Gan 

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Rabu 17 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS