Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, December 21, 2023

Rayakan Hari Migran Internasional, KBRI Singapura Gelar Temu Pekerja Migran


Singapura(SINGAPURA).BM- Dalam rangka perayaan Hari Migran Internasional yang jatuh setiap 18 Desember, KBRI Singapura menyelenggarakan temu Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Singapura, pada Minggu (19/12). Dalam kegiatan tersebut, KBRI Singapura bekerja sama dengan Kepolisian Singapura (SPF) untuk memberikan penyuluhan waspada penipuan. 

Bertempat di Ruang Nusantara, Dubes RI Singapura Suryo Pratomo menyapa lebih dari 300 PMI yang hadir. Dalam sambutannya, Dubes menyampaikan bahwa kontribusi pekerja migran terhadap perekonomian Singapura cukup signifikan. Berkat kehadiran rekan pekerja rumah tangga domestik, perempuan Singapura dapat bekerja dan menyumbang sekitar USD 2.6 miliar ke perekonomian Singapura. Di Indonesia, data remitansi sumbangan devisa PMI Singapura ke Indonesia pada tahun 2022 mencapai USD 607 juta. Dubes mengimbau kepada PMI yang hadir untuk senantiasa menjaga kesehatan, mengisi hari libur dengan kegiatan yang bermanfaat, menghormati dan menaati peraturan Singapura, dan terus menjaga nama baik Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, SPF memberikan penyuluhan waspada penipuan (scam alert) kepada PMI agar selalu waspada dan memeriksa dengan baik SMS atau pesan yang diterima melalui aplikasi WhatsApp yang dapat mengarah kepada penipuan, hal ini termasuk kepada penipuan donasi ke kelompok terorisme. SPF juga menyampaikan agar PMI menjaga ketertiban umum dan memperhatikan peraturan Public Order Act (PoA) di Singapura.


Hadir juga sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, Petugas Pemilih Luar Negeri (PPLN) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Singapura yang memberikan paparan serba serbi Pemilu di Singapura yang akan diselenggarakan pada 11 Februari 2024 di KBRI Singapura. Juga paparan Atase Keuangan KBRI Singapura tentang sosialisasi aturan terbaru barang kiriman PMI yakni PMK 141/2023 tentang Ketentuan Impor Barang Pekerja Migran Indonesia.

Dengan estimasi sekitar 140 ribu PMI, Singapura menjadi salah satu negara penerima PMI terbesar. Jumlah ini didominasi pekerja rumah tangga (domestic worker). KBRI Singapura saat ini tengah mendorong diversifikasi pengiriman tenaga kerja dengan mengirimkan pekerja terampil ke Singapura. 

Sejak bulan Juni 2023, didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI, sebanyak 60 perawat lulusan D3 dan S1 telah bekerja di sejumlah RS milik Pemerintah Singapura. Diharapkan, jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya kebutuhan Singapura terhadap tenaga kerja terampil, terutama di sektor kesehatan.

Baca Juga

#Gan | KBRI Singapura

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Rabu 24 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS