Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, November 28, 2023

Sekjen Kemendagri Beberkan Pentingnya Daerah Tanggung Jawab Kelola Urusan Konkuren


JAKARTA.BM- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro membeberkan pentingnya pemerintah daerah (Pemda) bertanggung jawab dalam mengelola urusan pemerintahan konkuren. Urusan tersebut merupakan urusan pemerintahan yang dibagi antara pemerintah pusat dan Pemda. Dia menjelaskan, urusan pemerintahan konkuren terbagi menjadi dua, urusan pemerintahan konkuren wajib dan pilihan.

Suhajar menegaskan, urusan pemerintahan konkuren wajib berpelayanan dasar harus diselesaikan terlebih dahulu dan mesti menjadi prioritas yang harus dipenuhi oleh Pemda dibandingkan yang pilihan. Sementara evaluasinya didasarkan pada kinerja penyelenggaraan Pemda dan kinerja urusan pemerintahan.

“Jadi yang dinilai oleh kita setiap tahun adalah kinerja pengelolaan atau penyelenggaraan urusan pemerintahan konkuren yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, baik pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan seterusnya,” katanya pada acara Bimbingan Teknis Pelaksanaan Otonomi Daerah Kabupaten Kolaka Utara Tahun 2023 di Anggrek Ballroom Orchard Hotel Jayakarta, Senin (27/11/2023).


Dia menjelaskan, penyerahan sebagian urusan pemerintahan tersebut merupakan bentuk penerapan sistem otonomi daerah. Karena itu, Pemda bertanggung jawab terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan yang telah diberikan. “Begitulah tanggung jawab kita sebagai pelayan masyarakat, berkinerja dengan baik dan mempermudah pelayanan di kita bekerja on the track, ikhlas sambil beribadah,” terangnya.

Urusan pemerintahan yang diserahkan kepada Pemda juga sejalan dengan tugas negara yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Tugas tersebut yakni melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Pihaknya berterima kasih kepada para pegawai pemerintahan yang telah bekerja keras di bidangnya masing-masing untuk mengurus rakyat.

“Tolong diemban amanah ini baik-baik karena itu janji pendiri negara. Inilah maksudnya kerja keras kita semua itu dinilai yang hasilnya akan digunakan untuk pembinaan, baik oleh kepala daerah kepada OPD-OPD-nya maupun pemerintah provinsi sebagai wakil pemerintah pusat kepada pemerintah daerah,” tandasnya.

Baca Juga

#Gan | Rel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Selasa 16 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS