Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, October 26, 2023

Gelar Rakornas, Ditjen Dukcapil Kemendagri Komitmen Perkuat Pelayanan Publik dan Dukung Suksesnya Pemilu 2024


Palembang(SUMSEL).BM- Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil 2023. Rakornas yang mengusung tema “Penguatan Dukcapil untuk Pelayanan Publik dan Suksesnya Pemilu Serentak 2024" itu digelar di Hotel Novotel, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (24/10/2023).

Dalam laporannya, Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi mengatakan, penguatan kedaulatan digital negara Indonesia perlu terus dioptimalkan. Apalagi, upaya ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menekankan pentingnya kesiapan dan ketangkasan dalam menghadapi perubahan pesat akibat kemajuan teknologi. Data menjadi elemen penting dalam ekosistem digital yang perlu dikembangkan, dimanfaatkan, dan dilindung secara bijaksana.

“Inilah saat krusial bagi bangsa Indonesia untuk berinovasi, beradaptasi, dan mengambil tindakan yang tepat untuk meraih manfaat maksimal dari era digital ini. Itulah amanat dari Bapak Presiden Joko Widodo,” ujar Teguh dalam acara yang dihadiri jajaran Dinas Dukcapil seluruh Indonesia tersebut.

Menurut Teguh, pelayanan Dukcapil yang profesional, responsif, inovatif, dan akuntabel dibutuhkan untuk mendukung terwujudnya Indonesia maju. Digelarnya Rakornas tersebut, imbuh Teguh, untuk memperkuat komitmen sekaligus menyamakan persepsi jajaran Dukcapil di tingkat pusat dan daerah untuk mendukung kemudahan pelayanan publik serta mendukung suksesnya Pemilu Serentak 2024. 


“Untuk mendorong integrasi dan digitalisasi data kependudukan dengan layanan publik lainnya. Tentu saja termasuk SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik), SDI (Satu Data Indonesia), dan sebagainya. Serta untuk meningkatkan administrasi kependudukan di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dalam arahannya menegaskan, mengelola layanan kependudukan di negara dengan populasi penduduk yang besar tidaklah mudah. Hal ini lantaran populasi penduduk menjadi faktor penentu banyak hal suatu negara, termasuk dalam aspek perencanaan pembangunan, pertahanan, hingga demografi. Oleh karena itu, Mendagri memuji upaya yang telah dilakukan jajaran Dukcapil, baik pusat maupun daerah yang telah menorehkan banyak kemajuan.

“Saya tidak terbiasa memuji hanya untuk basa-basi. Satu saya melihat Dukcapil adalah satu-satunya data kependudukan yang paling akurat dan dimanfaatkan oleh seluruh pengguna, baik pemerintah maupun swasta,” tandasnya.

Hadir pada Rakornas ini, Anggota Komisi II DPR RI Wahyu Sanjaya, Penjabat (Pj.) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Selatan, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kemendagri, dan para Kepala Dinas Dukcapil seluruh Indonesia.

Baca Juga

#Gan | Rel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS