Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, September 19, 2023

Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia ke Asian Games Hangzhou

Presiden Jokowi melepas kontingen Asian Games 2023, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. Selasa (19/09/2023). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

JAKARTA.BM- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga pada Asian Games 2022 Hangzhou, Selasa (19/09/2023).

“Hari ini akan kita lepas kontingen sebanyak 576 orang menuju ke Asian Games ke-19 di Hangzhou, China, sebanyak 30 cabang olahraga yang akan diikuti,” ujar Presiden saat pelepasan di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Jika sebelumnya pada Asian Games 2018 Jakarta Palembang kontingen Indonesia mampu menduduki peringkat ke-4, Presiden Jokowi berharap di Hangzhou Indonesia dapat berada di jajaran 10 besar ajang olahraga multicabang terbesar di kawasan Asia ini. Target ini berada di atas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang menargetkan peringkat ke-12.

“Jangan 12 lah, saya minta masuk ke 10 besar. Saya tahu menjadi tuan rumah dan tidak menjadi tuan rumah itu beda, saya tahu. Jadi kembali lagi target saya masuk ke 10 besar, biasanya hitungan saya enggak meleset,” ujarnya.


Menutup sambutannya, Presiden menyampaikan harapan agar para atlet yang akan bertanding di Asian Games Hangzhou dapat meraih hasil yang maksimal.

“Selamat bertanding. Dan atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menantikan prestasi-prestasi dan emas yang sebanyak-banyaknya bisa kita raih,” ujarnya.

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dalam laporannya menyampaikan bahwa kontingen Indonesia yang berjumlah 576 orang terdiri dari 413 atlet, 132 ofisial, dan 28 tim chef de mission (CdM).

Dito mengatakan, sebanyak 78 atlet dan ofisial sudah berangkat dan mulai pertandingan lebih awal di Hangzhou, 110 atlet dan ofisial masih melaksanakan pemusatan pelatihan di luar negeri, serta 360 lainnya masih berada di Indonesia.

“Rombongan besar akan mulai berangkat pada tanggal 21 September 2023,” ujar Dito.

Dito mengatakan, ajang Asian Games ke-19 ini adalah sasaran antara untuk meraih prestasi gemilang di Olimpiade Paris 2024.

“Sesuai dengan Desain Besar Olahraga Nasional, Asian Games ke-19 tahun 2022 merupakan sasaran antara untuk meraih prestasi di Olimpiade yang menjadi target utama,” ucap Dito.

Menpora mengatakan, atlet Indonesia yang berlaga di 30 cabang dari 40 cabang yang dipertandingkan ditargetkan untuk membawa pulang setidaknya delapan medali emas.

“Kami meminta dukungan dan doa dari segenap bangsa agar Indonesia bisa menjadi pemenang,” tandas Dito.

Turut hadir dalam pelepasan ini, antara lain, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menpora Dito Ariotedjo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku CdM kontingen Indonesia, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, serta Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (Sekjen KONI) Lukman Djajadikusuma.

Baca Juga

#Gan | Rel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 09 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS