Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Wednesday, September 6, 2023

Peserta Studi Strategis Luar Negeri Lemhannas RI Kunjungi Filipina untuk Peningkatan Pemahaman Hubungan Bilateral


Manila(FILIPINA).BM- Peserta Studi Strategis Luar Negeri (SSLN) Lemhannas RI telah melakukan kunjungan ke Filipina pada tanggal 4-8 September 2023 sebagai bagian dari Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIV Tahun 2023. Tujuan kunjungan ini adalah untuk memberikan peserta PPSA XXIV pemahaman yang lebih mendalam tentang perkembangan di Filipina, yang memiliki dampak strategis bagi Indonesia (06/09).

Kunjungan peserta SSLN Lemhanas di Filipina dimulai dengan kegiatan courtesy call kepada Duta Besar RI, Bapak Agus Widjojo. Dalam pertemuan yang bersifat terbatas ini, kedua belah pihak membahas perkembangan hubungan bilateral serta isu-isu krusial yang tengah berlangsung di Filipina.

Setelah sesi courtesy call, Duta Besar RI dan seluruh Koordinator Fungsi dan Atase Teknis KBRI Manila memberikan pembekalan kepada 27 peserta SSLN di Ruang Nusantara KBRI Manila. Ketua Rombongan, Marsda TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M., menyampaikan apresiasi kepada KBRI Manila atas dukungan yang diberikan dalam pelaksanaan SSLN di Manila.

Dalam pembekalannya, Duta Besar RI menyampaikan informasi terkini tentang situasi yang sangat dinamis di Asia Tenggara, khususnya terkait dinamika di Laut Cina Selatan. Isu Laut Cina Selatan menjadi hal yang sensitif bagi pemerintah Filipina, dan posisi Filipina dalam isu ini merupakan perhatian utama Indonesia sebagai Ketua ASEAN yang berusaha mengurangi ketegangan di wilayah tersebut.


Duta Besar RI juga memberikan gambaran mengenai posisi dan kebijakan Filipina di tengah persaingan antara Amerika Serikat dan Tiongkok dalam bidang keamanan dan ekonomi. Selain itu, ia juga membahas tantangan dan upaya yang dilakukan oleh Indonesia untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Filipina di berbagai sektor. Hubungan Indonesia dan Filipina dikenal sangat harmonis, dan segala masalah yang timbul selalu diselesaikan melalui perundingan. Selanjutnya, Koordinator Fungsi dan Atase Teknis yang terkait memberikan informasi lebih rinci tentang perkembangan kerja sama bilateral di bidang politik, keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

Kunjungan peserta SSLN ke berbagai instansi mitra di Filipina, termasuk Kemlu, National Defense College of the Philippines, Armed Forces of the Philippines, Kemhan, Kemdagri, dan San Miguel Corporation, diharapkan akan memberikan wawasan yang lebih dalam tentang Filipina serta memperdalam pemahaman tentang perkembangan hubungan bilateral dan isu-isu krusial yang ada, serta data khusus mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara di Filipina.​


Baca Juga

#Gan | KBRI Manila

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 09 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS