Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Monday, August 21, 2023

Sambut HUT RI yang Ke-78, KBRI Phnom Penh Himbau untuk Terus Semangat Menuju Indonesia Emas 2045


Phnom Penh(KAMBOJA).BM- Masyarakat Indonesia di Phnom Penh dan sekitarnya merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengadakan Upacara Bendera di Halaman Gedung KBRI Phnom Penh, Kamboja (17/08). 

Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI) KBRI Phnom Penh, Ibu Lauti Nia Astri bertindak sebagai Inspektur upacara, sementara Mayor Laut (S) Ucok Pramona berlaku sebagai Komandan Upacara. Upacara dihadiri seluruh Staf KBRI Phnom Penh dan sekitar 150 peserta upacara dari masyarakat Indonesia yang berdomisili di Phnom Penh dan daerah sekitarnya. Keunikan upacara peringatan HUT RI di KBRI Phnom Penh adalah adanya perwakilan Royal Cambodian Armed Forces dan Cambodian National Police yang selalu hadir setiap tahun, tak terkecuali pada tahun ini.

HUT ke-78 RI Tahun 2023 ini, diperingati sebagai bentuk perwujudan sikap persatuan dan kesatuan serta keragaman bangsa Indonesia. Peserta upacara sebagian besar mengenakan pakaian nasional dan kebaya serta kostum batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam semangat memeriahkan peserta upacara, KBRI Phnom Penh memberikan penghargaan kepada peserta yang mengenakan kostum nasional terbaik. Tahun ini, penghargaan tersebut diberikan kepada Ibu Sri Waryuni dan Bapak Dwi Akwin Tarwan. KBRI juga memberikan penghargaan kepada Gen Sulhy, pegawai lokal KBRI, atas kontribusinya kepada Perwakilan RI, serta penghargaan kepada WNI, Anastasia Santi Handayani, yang senantiasa memberikan dukungan pada setiap kegiatan sosial Indonesia di Kamboja.


Untuk menunjukkan ikatan persaudaraan antara Indonesia dan Kamboja, di sela-sela acara syukuran, KBRI juga memfasilitasi kegiatan donor darah.

Pada sesi acara syukuran dan hiburan setelah upacara bendera, dalam sambutannya, KUAI KBRI menyampaikan terima kasih kepada para peserta yang hadir atas partisipasi aktif komunitas Indonesia di Kamboja dalam merayakan HUT RI ke-78 tahun 2023.

Ibu Lauti Nia Astri menekankan dan menggarisbawahi pentingnya dukungan dan kolaborasi kelompok masyarakat Indonesia (PERMIKA) dengan KBRI, khususnya dari elemen masyarakat pekerja Indonesia dan pengusaha Indonesia di Kamboja, dalam berbagai kegiatan KBRI, serta dukungan dalam penyelenggaraan kontingen Indonesia pada SEA Games 2023, ASEAN Para Games 2023, pelaksanaan ITTP 2023, serta berbagai perlombaan olahraga dan hiburan, yang telah berjalan sukses sejak Mei 2023 hingga puncak peringatan HUT RI ke-78 pada tanggal 17 Agustus 2023.



Ibu Lauti Nia Astri juga mengajak seluruh komponen masyarakat Indonesia untuk terus gelorakan semangat menghadapi visi Indonesia Emas 2045 yaitu Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan. Untuk mencapai hal itu, dalam agenda pembangunan dan arah pembangunan memastikan RPJPN terarah dan terukur, demi kejayaan Bangsa Indonesia masa akan datang, yang sejalan dengan thema HUT RI ke-78 Tahun 2023: Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.

Baca Juga

#Gan | KBRI Phnom Penh

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 09 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS