Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"


Thursday, August 10, 2023

Peresmian Candi Bentar Menandai Dimulainya Pembangunan Taman Mini Indonesia di Polandia


Slupsk(POLANDIA).BM- Suatu momen bersejarah terjadi (5/8) saat peresmian Candi Bentar yang menandai dimulainya pembangunan Taman Mini Indonesia di Dolina Charlotty Resort, Polandia. Dalam acara yang dihadiri oleh para diplomat, tokoh pemerintahan, media, dan perwakilan berbagai instansi, kehadiran Taman Mini Indonesia di Eropa Tengah dan Timur menjadi sorotan.

Menjadi sebuah peninggalan dari kehadiran Indonesia di Polandia, Taman Mini Indonesia di Dolina Charlotty diproyeksikan sebagai titik penting dalam hubungan bilateral kedua negara. Dubes RI Warsawa, H.E. Anita Luhulima, dan Dubes Polandia di Jakarta, Beata StoczyƄska, turut memberikan sambutan yang meriah, mengapresiasi dedikasi dan kerja keras Miroslaw Wawrowski, pemilik resort Dolina Charlotty, dalam membangun jembatan budaya ini.

Konsep Taman Mini Indonesia diwujudkan dengan penuh kesungguhan. Mengambil inspirasi dari pulau Bali, NTB, dan NTT, anjungan-anjungan yang melambangkan kekayaan budaya Indonesia diresapi dengan semangat bhinneka tunggal ika. Niat tulus untuk mempromosikan Indonesia tergambar dalam setiap detil pembangunan, termasuk Candi Bentar Bali yang menjadi gerbang utama anjungan Bali.


​Proses pembangunan Candi Bentar yang berlangsung selama 1,5 bulan melibatkan desainer dari ISI Denpasar dan tenaga ahli yang didatangkan dari Bali. Dengan kokoh berdirinya Candi Bentar, simbol keindahan budaya Bali, di Polandia, kerjasama antara Taman Mini Indonesia Indah dan Dolina Charlotty semakin terjalin erat.

Momentum peresmian juga ditandai dengan penandatanganan MoU kerja sama antara kedua belah pihak. Lebih dari 100 tamu undangan menghadiri acara ini, termasuk perwakilan pemerintah daerah, parlemen, media, dan berbagai instansi lainnya. Acara juga disemarakkan oleh penampilan tarian Bali, video pariwisata Bali, dan santapan kuliner khas Indonesia yang membuat para tamu VIP terkesima.


Dalam pidato penutupnya, Dubes RI memproyeksikan bahwa pembangunan Taman Mini Indonesia, dimulai dari anjungan Bali, diharapkan dapat rampung tahun depan. Ini akan menjadi etalase yang kuat untuk memajukan kerja sama ekonomi dan sosial budaya antara Indonesia dan Polandia. Rencana pengembangan selama setahun ke depan akan berfokus pada kompleks perumahan tradisional, tempat ibadah Pura, teater, restoran, taman, dan kolam khas Bali.

Sebagai wujud kesinambungan dan keragaman, dekorasi lukisan batik karya Museum Batik Slupsk dan lukisan dari Rektor ISI Denpasar turut mempercantik suasana khas Indonesia. Dengan semangat membangun jembatan budaya yang kuat, Taman Mini Indonesia di Dolina Charlotty Resort Polandia akan menjadi simbol yang abadi dalam hubungan kedua negara.

Baca Juga

​#Gan | KBRI Warsawa

No comments:

Post a Comment

Klik Informasi Yang Anda Butuhkan


"Prakiraan Cuaca minggu 24 September 2023"


"BOFET HARAPAN PERI"


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS