Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, August 10, 2023

KBRI Helsinki Tuan Rumah Perayaan Hari ASEAN Ke-56 di Finlandia


Helsinki(FINLANDIA).BM- Suasana meriah memenuhi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Helsinki, Finlandia, saat KBRI bersama Kedutaan Malaysia, Thailand, dan Vietnam di Helsinki, serta Kedutaan Filipina di Stockholm, Swedia, dalam penyelenggaraan Hari ASEAN ke-56 (08/08).

Duta Besar RI untuk Republik Finlandia, Ratu Silvy Gayatri, selaku Ketua ASEAN Helsinki Committee 2023 dalam sambutannya menyampaikan cita-cita ASEAN untuk menjadi organisasi regional yang tangguh dan tangkas dalam menghadapi berbagai tantangan baik di level regional maupun global. ASEAN diharapkan tetap relevan bagi masyarakat di kawasan dan dunia serta terus menjadi pusat pertumbuhan dan kemakmuran, sejalan dengan tema Keketuaan Indonesia di ASEAN, yakni ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

Duta Besar Silvy juga menegaskan kembali komitmen para Pemimpin Negara ASEAN pada KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung pada 10-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, yaitu memelihara arsitektur regional ASEAN yang terbuka, inklusif, transparan dan berdasarkan hukum; memperkuat hubungan dengan mitra ASEAN dalam mengutamakan perdamaian, stabilitas dan pengembangan ketahanan Kawasan dalam menghadapi berbagai tantangan; serta menjunjung regionalisme dan multilateralisme berdasarkan prinsip dan norma hukum internasional.


Sebagai salah satu anggota Uni Eropa, Finlandia memiliki kapasitas yang mumpuni, diantaranya dalam hal iptek, lingkungan hidup, dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Diharapkan dengan keunggulan yang dimilikinya tersebut, Finlandia dapat mendukung dan berkolaborasi dengan negara-negara ASEAN dalam mengatasi berbagai tantangan bersama sebagaimana tercantum dalam Joint Leader's Statement ASEAN – Uni Eropa yang dihasilkan pada bulan Desember lalu. Berbagai tantangan dimaksud, antara lain masalah keamanan siber dan kejahatan dunia maya, perubahan iklim, perlindungan biodiversitas dan lingkungan hidup, energi bersih, ekonomi hijau, dsb.


Dalam kesempatan perayaan Hari ASEAN tersebut, Duta Besar Silvy mengajak para negara mitra wicara ASEAN yang hadir untuk mendukung acara ASEAN Indo-Pacific Forum yang akan berlangsung di Jakarta, pada tanggal 4 – 5 September 2023 dengan mengundang para pengusaha dari negaranya masing-masing.

Acara perayaan Hari ASEAN ke-56 di aula KBRI Helsinki berlangsung dengan hangat dan penuh rasa keakraban. Perayaan tersebut dihadiri oleh para pejabat dari Kementerian Luar Negeri Finlandia, pejabat dari berbagai Kementerian dan Lembaga di Finlandia, Duta Besar dan perwakilan Mitra Wicara ASEAN, serta berbagai mitra kerja negara ASEAN di Helsinki. Para tamu undangan yang hadir tampak menikmati berbagai sajian makanan khas dari Indonesia, Filipina Malaysia, Thailand, dan Vietnam.​

Baca Juga

#Gan | KBRI Helsinki

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 30 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS