Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Monday, August 7, 2023

Inilah Momen Presiden Jokowi, Saksikan Pemecahan Rekor Pergelaran Angklung Terbesar di Dunia


JAKARTA.BM- Ada momen menggembirakan ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri gelaran pemecahan rekor dunia Guinness World Record (GWR) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (5/8/2023) malam. Presiden Jokowi tampak begitu bersemangat dan bergembira mengikuti alunan lagu yang dibawakan oleh Pemenang Indonesian Idol 2023 Salma Salsabil dan Grup Musik Kahitna.

Beberapa kali, Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian tampak bersuka cita dan tersenyum mengikuti irama lagu yang dimainkan. Hal yang sama juga terlihat dari raut wajah Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin yang bersukacita mengikuti alunan musik tersebut.

Malam itu, semuanya tampak berbahagia. Betapa tidak, pergelaran angklung yang diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) atas prakarsa Ibu Iriana Joko Widodo berhasil memecahkan rekor dunia GWR. Gelaran ini mencatatkan rekor permainan angklung dengan peserta terbanyak yakni 15.110 orang yang bermain selama 7 menit dengan nada dan musik yang padu.

Para pemain memainkan dua lagu yakni “Berkibarlah Benderaku” dan lagu perdamaian dunia “Wind of Change”. "Indonesia telah mencapai Guinness World Records dengan 15.110 orang," kata penilai resmi Guinness World Record Sonia Ushirogochi.

Dalam kesempatan itu, Sonia Ushirogochi menyerahkan sertifikat GWR kepada koordinator acara yang juga Ketua Umum OASE KIM Tri Tito Karnavian. Setelah itu, Tri kemudian menyerahkan sertifikat tersebut kepada Ibu Iriana Joko Widodo.

"Angklung alat musik tradisonal yang berasal dari Jawa Barat adalah kekayaan Indonesia yang sudah terdaftar dan diakui UNESCO sebagai warisan budaya non-benda sejak tahun 2010. Kecintaan kepada angklung harus terus diupayakan ke seluruh masyarakat lebih-lebih akibat pandemi Covid-19 yang berdampak kepada seniman bahkan industri alat musik tradisonal angklung," ujar Tri sebelum pemecahan rekor itu dilaksanakan.

Tri mengatakan, gelaran ini juga menjadi kado persembahan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. Selain itu, upaya ini juga menjadi langkah dalam membangkitkan kembali kesenian angklung yang sempat meredup akibat pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, pergelaran ini juga dihadiri beberapa menteri dari Kabinet Indonesia Maju. Di antaranya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Selain itu acara ini juga dihadiri para pengurus OASE KIM yang terdiri atas istri-istri anggota Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga

#Gan | Rel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 30 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS