Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"


Tuesday, June 6, 2023

Pembimbing Ibadah Bakal Berikan Layanan Bimbingan Ibadah dan Pendampingan Jemaah Sakit

Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin


JAKARTA.BM- Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bakal memberikan layanan bimbingan ibadah dan pendampingan bagi jemaah sakit yang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), maupun di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) di Madinah dan Makkah.

Hal tersebut disampaikan juru bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin dalam keterangan persnya di Media Center Haji (MCH) Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Menurut Fauzin, pendampingan yang dilakukan petugas bimbingan ibadah untuk jemaah sakit di KKHI dan RSAS antara lain; melakukan rekam ibadah jemaah untuk memastikan kelanjutan dan ketuntasan ibadah, melakukan pendampingan ibadah harian, khususnya salat 5 waktu.

“Selanjutnya, memberikan motivasi dan penguatan mental spiritual agar ridha, sabar dan ikhlas dalam menjalani proses pengobatan. Bertindak sebagai rohaniwan dengan membantu upaya penyembuhan melalui doa dan bacaan-bacaan kalimah thayyibah,” ujar Fauzin, Selasa (07/06/2023).

“Pendampingan ini juga guna memberikan rasa nyaman dan tenang kepada jemaah sakit,” sambungnya.

Dikatakannya, bimbingan manasik tidak hanya dilakukan oleh Kementerian Agama di Tanah Air. Selama di Tanah Suci, jemaah juga mendapatkan bimbingan manasik, baik dari pembimbing ibadah kloter maupun konsultan ibadah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

“Panitia telah menunjuk para konsultan ibadah dan pembimbing ibadah untuk memberikan layanan kepada jemaah haji, terkait peribadatan. Konsultan dan pembimbing ibadah, selain ditempatkan di kantor Daker, lainnya di tempatkan di setiap sektor perumahan Jemaah haji, termasuk sektor Masjidil Haram,” terang Fauzin.

Untuk memudahkan jemaah, lanjut Fauzin, layanan konsultasi ibadah dilakukan secara offline dan online. Secara offline, para konsultan dan pembimbing bertugas memberikan layanan konsultasi ibadah di wilayah sektor masing-masing.

“Secara online, panitia menyebar nomor telepon para konsultan ini kepada semua jemaah melalui PPIH Kloter,” imbuh Fauzin.

Fauzin menyampaikan, berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga tanggal 06 Juni 2023, pukul 24.00 WIB, jemaah dan petugas yang sudah tiba di Kota Madinah berjumlah 81.198 orang atau 211 kelompok terbang.

“Terdapat 3 jemaah haji yang wafat di Madinah, yaitu; Kotiin SuwondoTamsir asal kloter SOC 01, Mardi Wijono asal kloter SUB 25; dan Winaryo Sukaryo Sukadir asal kloter SOC 32,” kata Fauzin.

“1 Jemaah haji yang wafat di Makkah atas nama Samsul Adib Mohamad Djafar asal Kloter SUB 06. Hingga saat ini, jumlah jemaah haji yang wafat sebanyak 19 orang. Sesuai ketentuan, jemaah yang wafat akan dibadalhajikan,” imbuhnya.

Sementara, Jemaah yang diberangkatkan hari ini dari Madinah ke Makkah untuk umrah berjumlah 8.788 jemaah atau 23 kloter. 

Baca Juga

#Gan | MC PPIH

No comments:

Post a Comment

Klik Informasi Yang Anda Butuhkan


"Prakiraan Cuaca Kamis 22 Februari 2024"


"BOFET HARAPAN PERI"


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS