Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"


Wednesday, June 21, 2023

91 Warga Negara Asing di Peru berhasil menyelesaikan kelas BIPA


Lima(PERU).BM- ​Sebanyak 91 orang asing yang umumnya berprofesi sebagai pelajar, mahasiswa, guru dan penterjemah dinyatakan lulus kelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Semester I Tahun 2023 yang diselenggarakan KBRI Lima. Terdiri dari 3 kelas yaitu 2 kelas untuk Pemula (A1.A = 60 lulus, A1.B = 22 lulus) dan 1 kelas Lanjutan (A2 = 9 peserta lulus), berlangsung dalam 24 kali pertemuan dimulai pada tanggal 13 Maret s.d. 9 Juni 2023. 

“Setelah belajar bahasa dan budaya Indonesia diharapkan akan semakin tumbuh ketertarikan anda akan Indonesia dan anda semua dapat menjadi duta – duta yang mempererat hubungan bilateral Indonesia dengan Peru, Bolivia dan negara asal anda lainnya", demikian harapan Kepala Perwakilan RI di Peru merangkap Bolivia, Rangga Yudha Nagara pada Penutupan Kelas BIPA Semester I Tahun 2023 tanggal 19 Juni 2023. 

Tampak seluruh peserta gembira dengan setidaknya mengetahui dasar - dasar Bahasa Indonesia dan telah dapat melakukan percakapan sederhana dalam Bahasa Indonesia. Peserta BIPA kali ini selain diikuti peserta dari Peru dan Bolivia juga diikuti peserta dari Meksiko (2 siswa), Venezuela (6 siswa), Panama (1 siswa), Ekuador (3 siswa) dan Kolombia (2 siswa).

Salah seorang alumnus, Saby Dayhan Roman Valer, seorang insinyur mesin di kota Lima sangat senang telah lulus kelas BIPA tingkat pemula yang diselenggarakan secara daring oleh KBRI Lima. “Dengan telah mengikuti kursus BIPA yang diadakan oleh KBRI Lima secara gratis, saya sudah dapat melakukan komunikasi dasar menggunakan Bahasa Indonesia, membaca dan membuat pidato yang sederhana dan saya tidak sabar untuk mendaftar kelas BIPA tingkat lanjutan", demikian dikatakannya.

KBRI Lima menyelenggarakan kelas BIPA dengan menggunakan materi bahan ajar acuan yang berjudul Sahabatku Indonesia untuk Pelajar Tingkat BIPA yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  

Pelaksanaan Kelas BIPA mendapatkan apresiasi dari kantor Pemerintah Kota Lima, dimana dua pejabatnya: Doktor Pedro González (Manajer Pendidikan dan Kegiatan) dan Profesor Betty Coronado Diaz (Koordinator Beasiswa Internasional) menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada KBRI Lima dan berharap kerja sama antara Pemerintah Kota Metropólitan Lima dengan KBRI Lima yang hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.  

Pada tanggal 24 November 2022, KBRI Lima menerima penghargaan dari kantor Walikota Metropolitan Lima karena dinilai telah memberikan kontribusi nyata di bidang pendidikan yang hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, antara lain dengan mengadakan kursus BIPA bagi masyarakat kota metropolitan Lima dan sekitarnya.

KBRI Lima kembali akan menyelenggarakan kursus BIPA Semester II Tahun 2023 pada bulan September 2023. Selain belajar Bahasa Indonesia, para pengajar BIPA juga memperkenalkan budaya Indonesia seperti tarian dan musik tradisional angklung, masakan khas Indonesia, destinasi wisata serta adat istiadat lainnya. 


Baca Juga

#Gan | KBRI Lima

No comments:

Post a Comment

Klik Informasi Yang Anda Butuhkan


"Prakiraan Cuaca Kamis 22 Februari 2024"


"BOFET HARAPAN PERI"


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS