Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Sunday, May 28, 2023

Mimbar; Terimalah Roh Kudus

Pdt Dr Doanto Tambunan, M.Pd.K (Gereja Presbyterian Indonesia atau GPI)

Shalom... Selamat hari Minggu buat saudara yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Selamat pagi, salam sejahtera dari Tuhan buat kita semua. Semoga hari ini, Tuhan mencurahkan rahmat dan berkat-Nya dalam pekerjaan dan kehidupan Anda bersama keluarga. Amin.

Sebelum kita memulai aktivitas, atau sesibuk apa pun aktivitas kita, marilah menggunakan waktu sejenak untuk saat teduh: bersyukur, berdoa memohon petunjuk dari Tuhan, membaca dan merenungkan firman Tuhan, sambil mengucap syukur atas segala berkat yang telah kita terima.

Refleksi Minggu ini berjudul Terimalah Roh Kudus. Kita akan membaca Firman Tuhan dalam Yohanes 20:19-23

Saudara/i yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Apa yang dialami oleh para murid pada saat itu, juga kita dapat merasakan dan mengalaminya di dalam kehidupan kita saat ini. Sering sekali kita lebih dahulu khawatir dan takut atas apa yang terjadi di dalam kehidupan kita, dibanding kita memperkuat iman percaya kita kepada Tuhan Yesus.

Padahal, tanpa kita sadari dan kita tahu bahwa Tuhan Yesus sudah lebih mengenal dan mengetahui siapa dan bagaimana kita. Tuhan juga telah mempersiapkan yang terbaik untuk menolong kita menghadapi segala sesuatunya. Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Bahkan firman Tuhan mengatakan kepada kita bahwa Dia setia dan telah mencurahkan Roh Kudusnya untuk menuntun kita menjalani kehidupan kita pada saat ini.

Ada sebuah ilustrasi tentang seorang gadis kecil yang akan berpergian mengendarai sepeda motor bersama ibunya ke suatu tempat. Gadis kecil ini mengetahui bahwa jalan yang mereka tempuh selama perjalanan akan melewati aliran sungai untuk sampai ke sebuah tujuan mereka. Mendengar hal tersebut, gadis kecil ini panik dan khawatir, apakah mereka akan berhasil melewati aliran sungai tersebut dan mereka sampai kepada tujuan mereka. Pada akhirnya di dalam setiap perjalanan yang ditempuh mereka sampai ke tujuan mereka.

Lalu si gadis kecil berkata kepada ibunya: “Ibu, tadi saya sangat panik dan khawatir karena saya tahu untuk mencapai ke tempat tujuan itu, kita pasti akan melewati beberapa aliran sungai, tapi ternyata setiap aliran sungai yang kita lewati ada saja orang yang memasangkan jembatan agar kita dan setiap orang yang melewati aliran sungai kecil itu bisa melewatinya.”

Seringkali kita seperti selayaknya seorang gadis kecil dalam ilutrasi tersebut. Kita lebih dahulu mudah panik dan khawatir sebelum kita melewati permasalahan hidup kita. Padahal masih ada saja cara Tuhan untuk menolong kita dalam menghadapi segala sesuatunya dalam kehidupan kita.

Tuhan hadir dan mengubah rasa takut kita sebagai manusia, dan mengantinya dengan kedamaian didalam hati kita melalui Roh Kudus. Terimalah Roh Kudus dalam hidup kita, karena setiap orang yang percaya, ketika kita Menerima Roh Kudus di dalam kehidupan kita, maka secara otomatis kita juga sudah menerima Yesus di dalam kehidupan kita.

Untuk itulah, ketika kita menerima Roh Kudus di dalam kehidupan kita, maka tidak akan ada lagi rasa khawatir bahkan rasa takut di dalam diri kita. Kita justru akan di bentuk menjadi pribadi yang kuat dan tangguh hingga kita merasakan damai sejahtera dan sukacita Tuhan mengalir didalam kehidupan kita. Amin

Pdt Dr Doanto Tambunan, M.Pd.K (Gereja Presbyterian Indonesia atau GPI)

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 09 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS