Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Sunday, May 21, 2023

mimbar; Doa Yesus untuk para Murid-Nya



Saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus. Yesus Kristus berdoa secara eksklusif untuk kita para murid-Nya. Doa tersebut menunjukkan kekuasaan Tuhan atas segala yang hidup, dan telah memberikan kehidupan kekal kepada semuanya.

Hidup yang kekal itu adalah mengenal Allah Bapa-Nya sebagai satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah diutus-Nya. Yesus Kristus memuliakan Allah dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Allah berikan kepada-Nya.

Saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus. Mengapa Tuhan Yesus hanya berdoa untuk para murid-Nya saja (sebagaimana tertulis pada Yohanes 17:9), dan bukan untuk dunia seluruhnya? Apakah dengan ini dapat dikatakan bahwa Tuhan Yesus Kristus pilih-kasih; hanya mengasihi murid-murid-Nya saja, dan tidak mengasihi dunia seluruhnya?

Mari kita renungkan: mengasihi tidak sama dengan mendoakan. Yang mendoakan pasti mengasihi, tapi yang mengasihi belum tentu mendoakan. Karena doa hanya dilakukan oleh yang mengasihi dalam iman akan satu-satunya Allah yang benar. Artinya, orang yang mengasihi dan atau dikasihi yang tidak mengenal Tuhan Allah adalah Kasih, mereka tidak akan berdoa.

Yohanes 17:2 dan 6 menjelaskan bahwa kuasa kehidupan dan kasih-Nya telah dinyatakan kepada semua orang – namun apakah semua orang, dalam keanekaragaman budaya sedunia (yang hari ini kita peringati) ini telah mau menerima kehidupan kekal dan kasih-Nya tersebut?

Allah yang Mahaadil, mengutus Tuhan Yesus Kristus secara adil menyatakan pengenalan satu-satunya Allah yang benar untuk kehidupan kekal bagi semuanya, seluruh dunia dalam berbagai budaya dunia – prinsip keadilan terlaksana; selanjutnya yang mau menerima (kita murid-murid-Nya) didoakan-Nya; jika mau didoakan-Nya, terimalah Yesus Kristus sebagai Juru Selamat pribadi Anda!

Saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus. Mengapa Yesus Kristus berdoa untuk kita semua murid-murid-Nya? Didoakan, apalagi yang mendoakan adalah Yesus Kristus, pastilah sangat meneguhkan karena isi doa selalu baik dan benar. Jika isinya bukan yang baik/benar itu bukan doa, tapi kutuk; dan ingatlah bahwa Tuhan Yesus Kristus tidak pernah meminta kita mendoakan untuk keselamatan Tuhan Yesus, kitalah yang sangat butuh keselamatan dari-Nya, dan bukan sebaliknya.

Saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus, beberapa hal pokok yang dapat kita renungkan bersama sebagai murid Kristus:

1. Tuhan Yesus berdoa untuk kita murid-murid-Nya, karena kita milik Allah (Yohanes 17:9)

2. Tuhan Yesus berdoa untuk kita murid-murid-Nya, karena kita telah mempermuliakan Tuhan Yesus (Yohanes 17:10). Mari terus mempermuliakan Tuhan Yesus dalam kehidupan kita, niscaya kita selalu mendapatkan doa-Nya. Doa Tuhan Yesus adalah doa yang terbaik, doa yang penuh kuasa, dan tidak akan pernah ditolak oleh Allah Bapa.

3. Tuhan Yesus berdoa untuk kita murid-murid-Nya, karena kita masih ada di dalam dunia.

4. Tuhan Yesus berdoa untuk kita murid-murid-Nya supaya kita menjadi satu sama seperti Tuhan Yesus dengan Allah Bapa (Yohanes 17:11). Kebahagiaan tertinggi kita manusia adalah bersatu dengan Allah. Amin.

Aloysius Harmadi (Pembimbing Masyarakat Katolik Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan)

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS