Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, May 9, 2023

Candi Borobudur Dikagumi Warga Sri Lanka Pada Perayaan Waisak di Colombo


Kolombo(SRI LANKA).BM- Warga Sri Lanka berbondong-bondong mengunjungi stan Indonesia melihat miniatur dan video Candi Borobudur di perayaan Hari Raya Waisak di Sri Lanka pada “Buddha Rashmi National Vesak Festival" yang berlangsung tanggal 5-7 Mei 2023 di Kolombo. Hari Waisak di Sri Lanka dirayakan pada tanggal tersebut.​

Pengunjung mengagumi Candi Borobudur sebagai Candi Budha terbesar di dunia yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Pengunjung yang umumnya datang beserta keluarga bergiliran untuk berfoto di depan miniatur Candi Borobudur tersebut.

Duta Besar RI untuk Sri Lanka dan Maladewa, Dewi Gustina Tobing dan staf KBRI Kolombo menerangkan kepada pengunjung mengenai Candi Borobudur. Dubes RI juga memberikan penjelasan langsung kepada Perdana Menteri Sri Lanka dan Ketua Parlemen Sri Lanka pada waktu mengunjungi Pavilion Indonesia mengenai Candi Borobudur dan masyarakat Budha di Indonesia.

KBRI Kolombo juga memberikan souvenir promosi Indonesia kepada pengunjung bagi yang bisa menjawab pertanyaan mudah tentang Candi Borobudur. Pengunjung juga mengambil brosur Candi Borobudur yang telah disediakan KBRI.

Stan Indonesia diliput oleh stasiun TV Sri Lanka dan ITN News dan melakukan wawancara dengan Duta Besar RI, Dewi Gustina Tobing.

Perayaan Vesak selama 3 hari tersebut dibuka secara resmi oleh Presiden Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe tanggal 3 Mei 2023 di Gangaramaya Temple, Kolombo. Usai acara pembukaan, Presiden Ranil Wickremensinghe melakukan peninjauan stan dan juga mengunjungi stan Indonesia yang menampilkan miniatur Candi Borobudur dan video tentang Candi Borobudur.

Pada hari berikut, stan Indonesia juga dikunjungi oleh Perdana Menteri Sri Lanka, Dinesh Gunawardena, Ketua Parlemen Sri Lanka, Mahinda Yapa Abeywardena, Menteri Agama dan Budaya Sri Lanka, Vidura Wicremanayake, Anggota Parlemen, Wakil Menteri Luar Negeri Sri Lanka, serta para Duta Besar asing di Sri Lanka.

Perayaan Vesak 2023 di Sri Lanka diselenggarakan sangat meriah ditengah kota Kolombo. Pemerintah Sri Lanka menampilkan patung dan atribut Budha sepanjang jalan dengan dihias lampu-lampu berwarna warni serta panggung seni dan budaya Sri Lanka.

Puluhan ribu warga Sri Lanka yang mayoritas pemeluk agama Budha sekitar 70% dari total penduduk 22 juta jiwa, berdatangan dari berbagai daerah beserta keluarga menyaksikan perayaan Hari Raya Waisak di Kolombo dari hari pertama sampai hari ketiga.

Selain KBRI Kolombo, Kedutaan Besar asing lainnya yang juga berpartisipasi dengan membuka stan pada Festival tersebut yaitu Bangladesh, India, Jepang, Nepal, Pakistan, Thailand, Vietnam dengan menampilkan promosi dan atribut Budha di negara masing-masing.


Baca Juga

#Gan | KBRI Kolombo

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "





"Prakiraan Cuaca Senin 04 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS