Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Wednesday, April 5, 2023

Optimalkan Pemanfaatan Air Sungai, PLN Teken PJBTL Pengembangan PLTM Wae Lega di Flores


Kupang(NTT).BM- PT PLN (Persero) baru saja menandatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) dengan PT Gistec Prima Energindo untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Wae Lega di Kupang (24/3). Optimalisasi pembangkit bertenaga minihidro berkapasitas 2 x 0,875 MW tersebut merupakan langkah strategis yang diambil PLN untuk mendorong transisi energi di tanah air. 

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur Fintje Lumembang mengatakan, PJBTL ini sangat strategis karena meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT) sekaligus menurunkan biaya pokok produksi (BPP) listrik di Flores. Namun, proyek ini masih butuh proses pembangunan sampai sepenuhnya terintegrasi dengan sistem kelistrikan PLN. 

 “Percepatan suplai EBT ini mendukung target net zero emission di tahun 2060,  selaras dengan kebijakan pemerintah dan  untuk menekan BPP tenaga listrik sehingga penyediaan listrik jadi  lebih efisien dan berkelanjutan,” ungkap Fintje.

Fintje memaparkan potensi penghematan BPP dari PJBTL ini mencapai Rp 38,7 miliar per tahun. Terlebih lagi, pembangkit berkapasitas 1.75 MW tersebut setara dengan 2,12 persen kelistrikan Flores. 

"Ini mengisyaratkan pentingnya menjamin keberlangsungan pasokan air di Manggarai agar suplai   listrik ke Sistem kelistrikan Flores tetap kontinui. PLN akan terus mencari peluang agar BPP Pembangkit di Pusat Listrik Flores bisa lebih efisien," tambah Fintje.

Ia melanjutkan, beroperasinya PLTM Wae Lega sangat berpotensi menurunkan pemakaian diesel di wilayah tersebut. Potensi penghematan BBM-nya mencapai 2.950 kilo liter per tahun dengan pengurangan emosi CO2 mencapai 11.387,28 metrik ton/tahun.

"Dengan tambahan pembangkit ini ke Sistem Flores akan menambah daya mampu sistem untuk  mendukung  peningkatkan rasio elektrifikasi melalui penambahan pelanggan rumah tangga di kawasan tersebut," jelas Fintje.

Kontrak PJBTL antara PLN dengan PT Gistec akan berlangsung selama 25 tahun dengan skema Build, Own, Operate, and Transfer (BOOT). Harga jual yang disepakati sekitar 78,97 persen dari BPP Pembangkitan tahun 2020 di Sistem Flores Bagian Barat. 

Direktur Utama PT Gistec Prima Energindo Kevin Hidayat mengatakan PJBTL ini lebih khusus untuk penyediaan listrik di Labuan Bajo, Manggarai dan sekitarnya. Sampai sekarang, proyeknya sudah berjalan 48 persen.

PLTM Wae Lega yang berlokasi di Desa Pong Lengor, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, NTT, merupakan proyek pembangkit yang memanfaatkan potensi air Sungai Wae Lega dan  ditargetkan selesai pada tahun 2025.

"Terima kasih kepada PLN yang mempercayakan suplai listrik Labuan Bajo ke kami. Semoga proyek ini bisa cepat selesai dan menyuplai listrik bersih untuk masyarakat," ujar Kevin. 

Baca Juga

#Gan | Rel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Rabu 24 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS